Tekno

Apple Merombak Siri, Untuk Tingkatkan Kemampuan Pakai AI

Apple rombak Siri
Apple rombak Siri untuk tingkatkan kemampuan memakai AI. (screenshot apple.com)

PasundanEkspres - Apple dikabarkan sedang mengembangkan ulang asisten suara Siri yang akan memanfaatkan teknologi AI canggih, dengan dukungan model Bahasa Besar (LLM).

Dengan teknologi ini di Siri, pengguna akan dapat melakukan perintah suara seperti membuka dokumen, mengirim email, dan lainnya.

Menurut Engadget, laporan Bloomberg menyatakan bahwa sementara waktu, versi baru Siri ini hanya akan berfungsi pada aplikasi Apple sendiri. Siri tidak akan hadir pada pembaruan iOS 18. Namun, rencananya akan dirilis selanjutnya sebagai pembaruan awal tahun depan.

Asisten Siri akan mampu menganalisis aktivitas ponsel pengguna dan secara otomatis mengaktifkan fitur yang dikendalikan Siri. Fitur ini akan mendukung ratusan perintah tetapi hanya bisa memproses satu per satu pada satu waktu. Nantinya, Siri akan mendukung beberapa tugas dalam satu permintaan.

Pada awalnya, perintah yang didukung akan mencakup mengirim atau menghapus email, membuka situs tertentu di Apple News, mengirim tautan web melalui email, atau meminta ringkasan artikel.

Setelah beberapa perintah diaktifkan, perintah tersebut akan mampu meringkas rekaman rapat, lalu mengirimkannya melalui pesan ke rekan kerja, semuanya dalam satu permintaan.

"Atau, iPhone secara teoritis bisa diminta untuk memotong gambar dan kemudian mengirimkannya melalui email ke teman," tulis Mark Gurman dari Bloomberg.

Masih belum jelas, jenis LLM mana yang akan digunakan Apple untuk mendukung versi Siri ini. Namun Apple dilaporkan telah mencapai kesepakatan dengan OpenAI untuk mengintegrasikan ChatGPT ke iOS 18.

Pada saat yang sama, Apple juga mungkin sedang bernegosiasi dengan Google untuk mengintegrasikan Gemini AI ke dalam pencarian di iPhone. Apple disebut akan menangani banyak permintaan AI pada perangkat, sambil menggunakan cloud untuk perintah yang lebih kompleks.

Apple diperkirakan akan fokus pada AI untuk konferensi WWDC 2024 yang akan berlangsung pada 10-14 Juni 2024. Pada saat itu, mungkin Apple akan mengungkapkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan OpenAI untuk mengintegrasikan ChatGPT ke iOS 18.

Berita Terkait