Tekno

YouTube Luncurkan Fitur 'Jump Ahead', Bisa Lompat ke Favorit Video dengan Cepat!

Fitur Jump Ahead Youtube
Youtube luncurkan fitur AI yang diberi nama Jump Ahead. (ilustrasi freepik)

PasundanEkspres - Fitur terbaru dari YouTube yang diberi nama Jump Ahead menghadirkan inovasi menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI). Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah melompat ke bagian video yang paling menarik bagi mereka.

Sebelumnya, Jump Ahead telah diujicoba pada sebagian kecil pengguna pada bulan Maret. Saat ini, fitur tersebut telah tersedia untuk seluruh pelanggan YouTube Premium, namun baru dapat diakses melalui perangkat Android.

Jump Ahead didukung oleh data tontonan yang terperinci serta kebiasaan menonton dari masing-masing pengguna. YouTube menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisis preferensi pengguna dalam menonton konten.

AI tersebut akan mempelajari titik-titik di mana mayoritas pemirsa memilih untuk melompat ke bagian selanjutnya dari video, serta di mana mereka kembali untuk melanjutkan menonton.

Fitur ini merupakan kelanjutan dari fitur Ask AI yang telah diluncurkan oleh YouTube pada musim gugur sebelumnya. Ask AI memungkinkan pengguna untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan terkait video yang mereka tonton, serta menerima rekomendasi video terkait tanpa mengganggu pengalaman menonton mereka.

Untuk mengakses Jump Ahead, pengguna dapat mengaktifkannya melalui halaman Google Labs untuk YouTube yang terdapat di www.youtube.com/new. Setelah diaktifkan, pengguna cukup melakukan double tap untuk melompat ke bagian yang diminati. Kemudian, mereka akan melihat tombol baru yang dapat mereka ketuk untuk langsung menuju ke bagian yang diinginkan.

Peluncuran fitur ini juga bertujuan untuk mendorong lebih banyak pengguna untuk berlangganan YouTube Premium. Dengan biaya langganan sebesar USD 13,99 per bulan, pengguna dapat menikmati konten tanpa iklan, menonton video secara offline, dan mengakses berbagai fitur eksklusif lainnya.

Berita Terkait