Daerah

SMKN 1 Subang Raih Dua Penghargaan Bidang Literasi

SMKN 1 Subang
SMKN 1 Subang dengan bangga kembali meraih 2 penghargaan bidang literasi Sekolah Baca Tulis Tingkat Nasional dan Sekolah Aktif Literasi Nasional Tahun 2024.(Zaenal Abidin/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Sekokah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Subang dengan bangga kembali meraih 2 penghargaan bidang literasi Sekolah Baca Tulis Tingkat Nasional dan Sekolah Aktif Literasi Nasional Tahun 2024. Penghargaan itu diberikan atas pencapaian kegiatan program dan berbagai proyek literasi yang dikerjakan pada program sekolah Literasi Nasional tahun 2024. Program ini diadakan oleh Nyalanesia, selaku lembaga pengembangan pendidikan dan Literasi Nasional. 

Pembina Literasi SMKN 1 Subang IIn Solihin mengungkapkan dalam projek literasi baca-tulis siswa-siswi SMKN 1 Subang berhasil menerbitkan karya buku setiap tahunnya.

Adapun projek lain seperti Literasi numerasi, tantangan projek tersebut melakukan analisis serta observasi mengenai kebudayaan Indonesia yang dikaitkan dengan konsep etnomatematika dan hasil karya akhirnya berupa Poster infografis dan Karya Ilmiah untuk diperlombakan dalam kompetisi nasional. "Tim penggerak literasi SMKN 1 Subang periode ini juga menggarap projek Literasi digital dikolaborasikan dengan program Literasi sekolah, yaitu Seminar Ceren dengan tema Internet sehat : Etika Digital untuk pelajar, ada juga workshop kelas digital dengan pelatihan cara memilah informasi menjadi pelajar cemerlang anti hoax dan lawan provokatif," ungkapnya kepada Pasundan Ekspres. 

Ia menjelaskan, hasil akhir dari projek Literasi digital adalah setiap siswa SMKN 1 Subang secara berkolaborasi akan membuat konten untuk mempromosikan etika media sosial, artikel untuk menyampaikan opini dan ide, serta Microblog untuk mempromosikan dengan berbagi opini di Instagram.

Selanjutnya, sekolah sedang membangun ekosistem literasi yang berkelanjutan dan disukai siswa, sehingga impelentasi di lapangan berjalan sesuai rencana. Tahun ini, kita berupaya terus konsisten dalam progam maupun proyek-proyek Literasi dan Numerasi. "Penghargaan ini tentunya bakal menjadi pemantik untuk terus menghasilkan karya terbaik, meningkatan rapor pendidikan bidang Literasi-numerasi dan  melahirkan peserta didik yang literat," ucapnya. 

Sekolah mendukung siswa-siswi yang tergabung dalam penggerak literasi untuk ikut bergerak dan berkontribusi bersama untuk ekosistem literasi yang bermutu secara keberlanjutan, sehingga menjadi inspirasi bagi siswa-siswi yang lain untuk ikut berkarya dan berprestasi, utamanya pada bidang Literasi. 

Penghargaan sebagai sekolah literasi nasional didapatkan berkat Kolaborasi antusias antara sekolah, guru, dan siswa SMKN 1 Subang. "Mari kita menjadi inspirasi dan berdampak untuk sekolah-sekolah lainnya di Indonesia, utamanya Kabupaten Subang," ajaknya.

Sejalan dengan itu, Ketua Pengerak Literasi Siswa, Khalifah Runa Al Rajak bangga dengan capaian ini. "Sekolah sangat bangga diberikan kesempatan berkontribusi untuk peningkatan mutu pendidikan bidang Literasi terutama untuk siswa-siswi, sekolah sangat mendukung kami untuk mengikuti program sekolah Literasi nasional," kata Khalifah.

Ia mengatakan, dari kebanggaan inilah lahir kreasi dan karya untuk menjalankan program sekaligus kompetisi tingkat nasional ini searah dengan program Literasi sekolah, sehingga harapan berdampak lebih luas untuk siswa-siswi SMKN 1 Subang yang sangat banyak ini terealisasi. "Selanjutnya program yang ada seperti pelatihan, workshop, berkolaborasi, menghasilkan karya dan prestasi yang begitu lengkap, sehingga kami manfaatkan sebaik mungkin, untuk ikut serta berkontribusi mewujudkan Siswa-siswi Nesas yang Keren dan Literat. Bersama penggerak literasi SMKN 1 Subang, bisa berdampak, berkarya, dan berprestasi." pungkasnya.(znl/sep) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua