Gadget

Peluncuran dari iPhone Layar Lipat kembali di Tunda, Kenapa?

iPhone layar lipat
Debut dari iPhone layar lipat kembali alami penundaan. (Ilustrasi Freepik @xvector)

PASUNDAN EKSPRES - Peluncuran iPhone dengan layar lipat kembali mengalami penundaan, menambah babak baru dalam saga panjang spekulasi seputar produk inovatif ini yang tengah dikembangkan oleh Apple.

Menurut sumber dari media Korea Selatan, Alpha Business, rencana awal Apple untuk meluncurkan ponsel lipat tersebut pada akhir tahun 2026 telah diubah. Kabarnya, peluncuran itu ditunda hingga awal tahun 2027, seperti yang diungkapkan oleh pihak internal perusahaan.

Awalnya, Apple tampaknya ingin menggabungkan debut iPhone layar lipat dengan peluncuran iPhone 18. Namun, dengan penundaan tersebut, tampaknya iPhone lipat akan memperoleh momen tersendiri dalam sebuah acara, mengingat jarangnya Apple menggelar acara besar di awal tahun.

Keputusan untuk menunda peluncuran tersebut, menurut Alpha Business, memberikan kesempatan bagi Apple untuk melakukan persiapan secara menyeluruh. Ini termasuk memastikan ketersediaan pasokan dan menanggapi permintaan yang besar akan layar lipat.

Meskipun demikian, jadwal untuk memeriksa dan memilih pemasok komponen tampaknya tetap tidak berubah. Apple dikabarkan telah menunjuk Samsung Display dan LG Display untuk menyediakan prototipe layar lipat, seperti yang dikutip dari GSM Arena pada Rabu, 20 Maret 2024.

Tantangan bagi Samsung dan LG untuk memenuhi permintaan Apple tampaknya cukup besar. Pasalnya, Apple telah mematenkan solusi yang dapat mengurangi jejak lipatan pada layar, dengan membuat alur di Ultra Thin Glass dan melapisi dengan polimer fleksibel. Teknologi ini diharapkan membuat layar dapat dilipat dengan lebih mudah, serta menghasilkan lipatan yang tidak terlalu mencolok.

Selain fokus pada iPhone layar lipat, Apple juga diketahui tengah mempersiapkan sejumlah perangkat foldable lainnya. Pertama-tama, iPad dengan layar lipat berukuran 7-8 inci diprediksi akan dirilis pada tahun 2026 atau 2027.

Selanjutnya, Apple diharapkan akan menghadirkan MacBook dengan layar jumbo hingga 20,25 inci pada tahun 2028. Rencana ini menambahkan dimensi baru dalam portofolio perangkat inovatif Apple yang terus berkembang.

Berita Terkait