Internet

Negara-Negara yang Pernah "Say Bye" ke X (Twitter)

Negara-Negara yang Pernah "Say Bye" ke X (Twitter)
Negara-Negara yang Pernah "Say Bye" ke X (Twitter)

PASUNDAN EKSPRES- Pernah kebayang nggak, gimana jadinya kalau tiba-tiba kamu nggak bisa akses X (dulu namanya Twitter)? Ternyata, beberapa negara pernah ngalamin hal ini, lho!

Berikut daftar negara yang sempat memblokir X dan alasan di balik keputusan tersebut:

1. Brasil

Brasil resmi mengucapkan "ciao" ke X mulai Sabtu (31/8). Pemblokiran ini terjadi gara-gara perseteruan antara pengadilan lokal dengan Elon Musk yang makin memanas.

2. China

Di negeri tirai bambu, Twitter udah nggak bisa diakses sejak 2009. Ini semua bagian dari kebijakan sensor internet super ketat yang diterapkan pemerintah China.

3. Iran

Iran juga nggak ketinggalan. Sejak 2009, Twitter diblokir setelah terjadi demo besar-besaran terkait hasil pemilu yang kontroversial.

4. Korea Utara

Korea Utara? Udah jelas banget di sana Twitter dan hampir semua medsos lainnya kena blokir total.

Internet di negara ini pun sangat dibatasi, jadi nggak heran sih.

5. Turki

Turki punya sejarah panjang soal pemblokiran Twitter. Pemerintahnya sering kali menekan tombol blokir saat ketegangan politik atau protes besar terjadi.

6. Rusia

Di Rusia, Twitter sempat ngalamin blokir sementara pada 2021. Ini terjadi setelah bentrok antara platform ini dengan otoritas setempat terkait konten yang dianggap melanggar hukum.

Nah, itulah negara-negara yang pernah nge-blok X. Alasan di balik pemblokiran ini beragam, mulai dari alasan politik hingga upaya untuk ngontrol informasi yang beredar di dalam negeri.

Jadi, meski X bebas diakses di banyak tempat, ternyata di beberapa negara, akses ke platform ini bisa sangat terbatas atau bahkan nggak bisa sama sekali.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua