Lifestyle

Galau sampai Gak Bisa Tidur? Ini Penyebab Insomnia yang Harus Kamu Tahu

Galau sampai Gak Bisa Tidur? Ini Penyebab Insomnia yang Harus Kamu Tahu
Galau sampai Gak Bisa Tidur? Ini Penyebab Insomnia yang Harus Kamu Tahu (Image From: Pexels/cottonbro studio)

PASUNDAN EKSPRES - Penyebab insomnia ini harus kamu perhatikan. Insomnia merupakan gangguan tidur yang umum terjadi dan dapat mempengaruhi kualitas hidup si penderita.

Walaupun beberapa orang mungkin mengalami insomnia sementara, yang lain bisa berjuang dengan masalah tidur dengan jangka waktu yang lebih panjang.

Insomnia bisa sedikit mengganggu, terutama pada aktivitas esok harinya. Tubuh akan menjadi kurang fit dan merasa lelah. Berikut adalah beberapa penyebab insomnia.

Penyebab Insomnia 

Berikut adalah beberapa penyebab insomnia yang harus kamu ketahui. Penyebab insomnia pada seseorang berbeda-beda tergantung dari jenisnya yang dikutip dari Halodoc

Penyebab insomnia akut: 

Mengalami stres

Stres adalah salah satu penyebab utama insomnia akut. Situasi yang menegangkan, seperti tekanan di tempat kerja, masalah keuangan, atau konflik dalam hubungan, dapat menyebabkan pikiran terus berputar dan mengganggu kemampuan seseorang untuk tidur. 

Mengingat Peristiwa Traumatis

Peristiwa traumatis, seperti kecelakaan, kehilangan orang terkasih, atau pengalaman negatif lainnya, dapat menyebabkan gangguan tidur.

Mengingat kembali peristiwa tersebut dapat menimbulkan kecemasan dan ketidaknyamanan emosional, yang pada gilirannya mempengaruhi kemampuan seseorang untuk tidur dengan nyenyak.

Perubahan Kebiasaan Tidur

Mengalami perubahan dalam rutinitas tidur, seperti pindah ke rumah baru atau perubahan jam tidur yang signifikan, dapat mengganggu siklus tidur.

BACA JUGA: Fakta atau Mitos: Batu Kobra, Benarkah Lebih Mahal dari Emas?

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Writer's Block yang bikin Pusing dan Mikir Keras

Ketika seseorang tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan atau kebiasaan tidur baru, hal ini dapat menyebabkan kesulitan tidur yang bersifat sementara.

Jet Lag atau Mabuk Naik Pesawat

Ketika seseorang melakukan perjalanan ke lokasi dengan zona waktu yang berbeda, tubuhnya mungkin kesulitan menyesuaikan diri dengan waktu baru, sehingga menyebabkan insomnia.

Selain itu, mabuk setelah naik pesawat juga dapat memengaruhi kualitas tidur.

Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat, baik yang diresepkan maupun yang dijual bebas, dapat memiliki efek samping yang mengganggu pola tidur.

Obat-obatan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, depresi, atau alergi sering kali dapat menyebabkan insomnia sebagai efek samping. 

Penyebab insomnia kronis:

Kondisi Nyeri Kronis

Salah satu penyebab utama insomnia kronis adalah kondisi nyeri kronis, seperti radang sendi, nyeri punggung, atau sakit kepala.

Ketika seseorang mengalami rasa sakit yang berkepanjangan, hal ini dapat mengganggu kenyamanan dan kemampuan untuk tertidur. 

Masalah Psikologis

Kondisi psikologis seperti kecemasan, depresi, dan gangguan penggunaan zat juga sering kali berkontribusi terhadap insomnia kronis.

Kecemasan yang berlebihan dapat membuat pikiran terus berputar, sehingga sulit untuk bersantai dan tidur.

Gangguan Tidur Lainnya

Gangguan tidur seperti sleep apnea dapat menyebabkan insomnia kronis. Sleep apnea adalah kondisi di mana pernapasan terhenti sementara selama tidur, yang menyebabkan terbangun di malam hari dan kesulitan untuk kembali tidur.

Kondisi Kesehatan Tertentu

Beberapa kondisi kesehatan, seperti diabetes, kanker, penyakit refluks gastroesofagus (GERD), dan penyakit kardiovaskular, dapat berkontribusi terhadap insomnia kronis.

Misalnya, gejala yang menyertai diabetes, seperti sering buang air kecil di malam hari, dapat mengganggu tidur. Begitu juga dengan GERD, di mana asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan ketidaknyamanan saat berbaring. 

Nah, itulah mengenai beberapa penyebab insomnia yang harus kamu ketahui. 

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua