Lifestyle

Kapan Malam Nuzulul Qur’an 2024? Berikut Penjelasan dan Do’a Do’a nya

Kapan Malam Nuzulul Qur’an 2024?
Foto via Screenshot Freepik/Ibrakovic

PASUNDAN EKSPRES - Sejumlah peristiwa penting terjadi setiap bulan Ramadhan, di antaranya adalah perayaan Nuzulul Quran. Pertanyaannya, kapan tepatnya Nuzulul Quran 2024? 

Untuk mengetahui jadwal Nuzulul Quran 2024, penting untuk melihat sejarahnya.

 

Nuzulul Quran merujuk pada saat Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang terjadi saat beliau berdiam di Gua Hira di Bukit Jabal Nur.

 

Peristiwa ini terjadi pada tanggal 17 Ramadhan, dan sejak itu, setiap tahun diperingati sebagai Nuzulul Quran. Bagaimana dengan tahun 2024?

 

Menurut penetapan Kementerian Agama, jika 1 Ramadan 1445H jatuh pada tanggal 12 Maret 2024, maka Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 28 Maret 2024.

 

Namun, berdasarkan penetapan Muhammadiyah, jika 1 Ramadan 1445H jatuh pada tanggal 11 Maret 2024, maka Nuzulul Quran 2024 bertepatan dengan tanggal 27 Maret 2024.

 

Salah satu amalan yang dilakukan saat Nuzulul Quran adalah membaca doa khusus. 

 

Berikut adalah doa Nuzulul Quran dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya.

 

Doa Nuzulul Qur’an

 

اللَّهُمَّ نَوِّرْ قُلُوبَنَا بِتِلاوَةِ الْقُرْآن، وَزَيِّنْ أَخْلَاقَنَا بِجَاهِلِ الْقُرْآن، وَحَسِّنْ أَعْمَالَنَا بِذِكْرِ الْقُرْآن، وَنَجِّنَا مِنَ النَّارِ بِكَرَامَةِ الْقُرْآن، وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ بِشَفَاعَةِ الْقُرْآن.

 

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur'an, wa hassin a'maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa'til quraan.

 

Artinya: "Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Quran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Quran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Quran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa'at Al-Quran".

 

Selain itu, doa Khatmil Al-Quran juga dapat ditambahkan sebagai permohonan keselamatan dan berkah dari Allah SWT.

 

Doa Khatmil Al-Quran

 

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُلِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

 

Allhummarhamni bilquran. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin.

 

Demikianlah penjelasan tentang kapan tepatnya Nuzulul Quran 2024 dan doa khusus yang dapat diamalkan pada momen tersebut.

 

(hil/hil)

Berita Terkait