Nasional

Jelang Mudik Lebaran, Polri Siapkan Posko Selama Operasi Ketupat 2024

Jelang Mudik Lebaran, Polri Siapkan Posko Selama Operasi Ketupat 2024
Polri menyiapkan ribuan posko selama Operasi Ketupat 2024 menjelang mudik Lebaran. (Foto: laman resmi Jasa Marga)

PASUNDAN EKSPRES - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyiapkan ribuan posko di seluruh wilayah Indonesia selama Operasi Ketupat 2024 menjelang mudik Lebaran.

Operasi Ketupat 2024 yang diselenggarakan Polri bertujuan untuk menjaga kelancaran arus mudik dan balik pada masa mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Adapun, Operasi Ketupat 2024 ini akan berlangsung selama 13 hari, mulai 4 April hingga 16 April 2024.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Pol. Erdi Adrimulan Chaniago, mengatakan bahwa Polri akan menyiapkan 5.784 pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Sebanyak 5.784 lokasi penggelaran Pos Pam, Pos Yan, dan Pos Terpadu yang terbagi disejumlah wilayah di Indonesia," ucap Kombes Pol. Erdi dalam keterangannya di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta, Senin (1/4).

Rincian pos pengamanan tersebut terdiri dari 3.772 lokasi Pos Pengamanan (Pam), 1.532 lokasi Pos Pelayanan (Yan), dan 480 lokasi Pos Terpadu (Terpadu).

Adapun, fungsi dari masing-masing pos ini yakni Pos Pam yang berfokus pada pengamanan jalur mudik dan lokasi wisata, Pos Yan akan memberikan pelayanan kepada pemudik, seperti informasi jalur, kesehatan, dan bengkel.

Sedangkan Pos Terpadu adalah gabungan dari Pos Pam dan Pos Yan yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti tempat istirahat, ruang kesehatan dan bengkel.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto telah melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2024 di Lapangan Silang Monas, Jakarta pada Rabu (3/4).

Pelaksanaan apel ini untuk memastikan kesiapan seluruh personel mewujudkan arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 H dapat berjalan aman dan nyaman.

Sigit mengatakan, berbagai upaya yang dilakukan Polri untuk memastikan mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar dengan melakukan evaluasi terhadap catatan arus mudik tahun 2023 kemudian melakukan perbaikan-perbaikan pada arus mudik-balik di tahun ini.

"Beberapa hal menjadi catatan kami, bahwa dari hasil evaluasi yang ada terkait kegiatan operasi ketupat 2023, ada beberapa catatan yang tentunya kita lakukan perbaikan untuk kegiatan operasi ketupat 2024," ucap Sigit.

Lebih lanjut, Kapolri mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan, sekitar 193,6 juta orang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran di tahun ini. (inm) 

Berita Terkait