Nasional

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Menag Sampaikan Pesan Tentang Persatuan dalam Keragaman

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Menag Sampaikan Pesan Tentang Persatuan dalam Keragaman
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (foto: laman resmi Kemenag)

PASUNDAN EKSPRES - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan pesan kepada umat Islam di Indonesia dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H.

Diketahui, umat Islam di Indonesia tengah memperingati hari lahir atau Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada hari ini Senin, 16 September 2024.

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan Maulid bukan hanya momentum mengenang kelahiran Rasulullah SAW tetapi juga menghayati ajaran-ajaran luhur yang disampaikan.

BACA JUGA:Kemenag Digitalisasi Kitab Kuning, Permudah Akses dalam Format Digital

Menurutnya, Rasulullah SAW adalah teladan sempurna dalam berbagai aspek kehidupan, baik sebagai hamba Allah, pemimpin umat, hingga sebagai negarawan yang membangun masyarakat Madinah dengan prinsip keadilan, toleransi, dan kasih sayang.

"Peringatan Maulid Nabi SAW mengandung makna yang dalam bagi Indonesia. Sosok Rasulullah mengingatkan kita akan pentingnya persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman," ucap Yaqut, dikutip dari laman resmi Kemenag, Senin (16/9).

Rasulullah mengajarkan bahwa perbedaan bukanlah halangan untuk hidup berdampingan, melainkan kekayaan yang harus dijaga dan dihormati. 

Di Madinah, Rasulullah membangun masyarakat yang harmonis di tengah keberagaman suku dan agama.

BACA JUGA:Kemenag Tegaskan Tidak Ada Jual Beli Kuota Haji: Kalau Ada Kasus, Laporkan!

"Sudah seharusnya, kita terus berupaya menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang rukun, damai, dan berkeadilan. Sebagai bangsa yang beragam, kita harus terus mengamalkan moderasi beragama agar tercipta kehidupan yang harmonis dan saling menghargai. Inilah kunci dari kebersamaan dan perdamaian yang berkelanjutan," jelas Menag.

Yaqut berpesan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat komitmen umat Islam dalam meneladani akhlak Rasulullah, baik dalam hubungan manusia dengan Allah, hubungan antarsesama manusia, maupun dalam menjaga bangsa dan negara.

"Melalui peringatan ini, semoga kita dapat terus meningkatkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW dan mengaplikasikan ajaran-ajaran beliau dalam setiap langkah kehidupan," pungkasnya. (inm)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua