News

PBNU Tunjuk Cicit Pendiri NU KH Abdul Hakim Mahfudz Pimpin PWNU Jatim

PBNU Tunjuk Cicit Pendiri NU KH Abdul Hakim Mahfudz Pimpin PWNU Jatim
PBNU Tunjuk Cicit Pendiri NU KH Abdul Hakim Mahfudz Pimpin PWNU Jatim (dok.ANTARA)

PASUNDAN EKSPRES - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menunjuk KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) menjadi Pj ketua PWNU Jawa Timur. 

Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil rapat gabungan antara jajaran pengurus Syuriah dan Tanfidziyah PBNU.

"Alhamdulillah, rapat gabungan siang tadi (kemarin siang, Red) secara bulat menetapkan Gus Kikin menjadi Pj ketua PWNU Jatim menggantikan KH Marzuqi Mustamar,’’ ujar Sekjen PBNU Saifullah Yusuf dalam keterangan tertulis, Rabu (10/1).

Dilansir dari Jawapos, Gus Ipul –sapaan Saifullah Yusuf– menegaskan, rapat gabungan itu dipimpin langsung oleh Rais Aam KH Miftachul Ahyar.

Rapat juga dihadiri oleh Ketua Umum KH Yahya Cholil Staquf. Gus Ipul mengatakan, Gus Kikin yang merupakan cicit pendiri NU Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari akan memimpin PWNU Jatim sampai musyawarah wilayah (muswil) terselenggara Maret nanti.

Sebenarnya, masa jabatan KH Marzuqi Mustamar telah berakhir pada September 2023. Namun, dia mendapat SK perpanjangan jabatan sementara sebelum akhirnya diberhentikan PBNU.

Gus Ipul menegaskan, pemberhentian KH Marzuqi adalah masalah internal. "Pemberhentian itu telah memenuhi syarat. Jangan paksa kami membuka alasannya ke publik," kata Gus Ipul yang juga menjabat wali kota Pasuruan.

Dia juga melanjutkan, ada beberapa alasan mengapa Gus Kikin itunjuk sebagai Pemimpin PWNU Jatim

Pertama, ulama 65 tahun itu telah berpengalaman. Bahkan, saat ini dia menjabat salah satu ketua PBNU. 

"Apalagi, beliau juga pengasuh Pesantren Tebuireng dan cicit Hadratussyaikh. Insya Allah beliau mampu menjalankan kepemimpinan organisasi dalam masa transisi ini," terangnya.

(nym) 

 

Berita Terkait