News

Pasca Idul Adha, Harga Bahan Pokok di Subang Merangkak Naik

Pasca Idul Adha, Harga Bahan Pokok di Subang Merangkak Naik

SUBANG – Pasca Hari Raya Idul Adha 2024, harga beberapa bahan pokok mengalami kenaikan signifikan pada Rabu (19/6).

Berdasarkan data harga rata-rata bahan pokok yang dikeluarkan oleh Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Subang, sejumlah komoditas mengalami lonjakan harga.

Harga bawang merah naik dari Rp 40 ribu menjadi Rp 48 ribu per kilogram, sementara harga bawang putih super juga meningkat dari Rp 40 ribu menjadi Rp 48 ribu per kilogram. Selain itu, harga buncis naik dari Rp 16 ribu menjadi Rp 18 ribu per kilogram. Susu kental manis mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan, mulai dari Rp 3 ribu hingga Rp 15 ribu per 398 gram.

Namun, beberapa komoditas pangan mengalami penurunan harga. Harga daging ayam broiler turun dari Rp 38 ribu menjadi Rp 36 ribu per kilogram, dan harga ketimun turun dari Rp 12 ribu menjadi Rp 10 ribu per kilogram. Sementara itu, harga daging sapi tetap stabil di angka Rp 140 ribu per kilogram.

Untuk harga beras, tidak ada perubahan. Beras premium tetap berada di harga Rp 13 ribu per kilogram, sedangkan beras medium di harga Rp 11 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Subang, Yayat Sudrajat, menyatakan bahwa harga-harga tersebut berdasarkan hasil monitoring dari Pasar Baru Subang. "Harga beras merupakan hasil monitoring sampling dari pasar tradisional, yaitu Pasar Baru Subang," ucap Yayat Sudrajat.(fsh)

Tag :

Berita Terkait