Sepak Bola

Perjalanan Parma Menuju Serie A

Parma Calcio
Parma Calcio yang kembali menuju Seri A. (screenshot @play.google.com)

PasundanEkspres - Parma, sebuah nama yang mengundang nostalgia bagi para penggemar sepak bola. Klub ini telah menorehkan sejarah gemilang di Serie A Italia dan kini, setelah perjalanan panjang, mereka kembali ke panggung elite. Mari kita telusuri perjalanan Parma yang membawanya kembali ke Serie A.

Kembali ke Panggung Elite

Pada musim 2023/2024, Parma resmi menjadi tim pertama yang promosi dari Serie B menuju ke Serie A. Hasil ini diraih setelah mereka bermain imbang melawan Bari pada pekan ke-36 Serie B.

Meskipun gagal meraih kemenangan, Parma tetap sukses mengukir catatan impresif dengan raihan 74 poin yang tak bisa dikejar oleh pesaingnya, Venezia, yang berada di posisi ketiga dengan 67 poin.

Sejarah Gemilang

Parma bukanlah nama baru di dunia sepak bola. Pada era 1980-an hingga awal 2000-an, Parma menjadi tim yang disegani di Serie A.

Mereka bahkan masuk dalam "geng" Il Sette Magnifico, yang terdiri dari tujuh tim raksasa Italia yang mendominasi kompetisi tersebut. Selain Parma, geng ini juga terdiri dari Juventus, Inter Milan, AC Milan, AS Roma, Lazio, dan Fiorentina. Parma berhasil meraih 10 gelar selama periode tersebut, termasuk trofi Piala Super Eropa, Piala Winners UEFA, dan tiga kali juara Piala Italia.

Bintang-Bintang Parma

Parma juga dikenal karena pemain-pemain bintang yang pernah memperkuat tim ini. Nama-nama seperti Hernan Crespo, Gianfranco Zola, Hristo Stoichkov, dan Tomas Brolin pernah mengenakan seragam Gialloblu.

Bahkan pemain seperti Fabio Cannavaro, Gianluigi Buffon, dan Lilian Thuram dibesarkan oleh Parma sebelum bersinar di klub lain seperti Juventus.

Tiket Promosi

Dua tim peringkat tertinggi di Serie B akan mendapatkan tiket otomatis promosi ke Serie A. Satu tiket sudah menjadi milik Parma, sementara tiket lainnya kemungkinan besar akan diberikan kepada Como.

Klub yang dimiliki oleh orang Indonesia, Hartono Bersaudara, saat ini berada di posisi kedua klasemen dengan 71 poin. Como hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan promosi ke Serie A musim depan.

Parma telah menulis ulang sejarahnya dan kembali ke panggung elite. Bagaimana mereka akan berperforma di Serie A? Kita tunggu dan saksikan!

Berita Terkait