Daerah

Kelurahan Cigadung Subang Komitmen Jaga Kebersihan Lingkungan, Agar Tidak Terjadi Banjir

Kelurahan Cigadung
ZAENAL ABIDIN/PASUNDAN EKSPRES KEBERSIHAN: Kelurahan Cigadung Subang gencar melakukan sosialisasi dan kerja bakti kepada warga untuk menjaga lingkungan.

SUBANG-Banjir akibat selokan yang tersumbat sampah menjadi permasalahan klasik. Untuk itu Kelurahan Cigadung Subang gencar melakukan sosialisasi dan kerja bakti kepada warga untuk menjaga lingkungan terutama selokan. 

Tujuan diadakannya sosialisasi dan kerja bakti ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kelurahan Cigadung tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya selokan, agar terhindar dari banjir.

Lurah Cigadung Age Germana mengatakan, kegiatan sosialisasi dan kerja bakti yang terus dilakukan ini merupakan upaya preventif untuk mencegah banjir di musim hujan.

"Sampah yang menumpuk di selokan menjadi salah satu penyebab utama banjir. Oleh karena itu, kita perlu membersihkannya secara rutin dengan kerja bakti di setiap RW," katanya.

Ia mengatakan, antisipasi ini akan terus disosialisasikan kepada masyarakat melalui beberapa kegiatan yang ada di Kelurahan Cigadung. Dengan memberikan arahan untuk jangan membuang sampah sembarangan terutama ke selokan.

Antisipasi ini akan terus menjadi point utama terhadap lingkungan, maka dari itu Kelurahan Cigadung melakukan kerja bakti gotong royong bersama warga, karang taruna, RT, dan RW setempat. 

Tidak hanya di situ, kelurahan Cigadung memiliki tim untuk mengantisipasi lingkungan terhadap selokan, sampah, dan pohon-pohon yang akan tumbang yaitu DESTANA 'Desa Tangguh Bencana'. 

Upaya-upaya yang dilakukan Kelurahan Cigadung diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya menjaga kebersihan selokan dan lingkungan. Sehingga dapat mengantisipasi terjadinya banjir.(znl/ysp)

 

Berita Terkait