Gadget

Huawei Meluncurkan Mate XT, Ponsel Lipat Tiga dengan Harga Fantastis

Huawei Mate XT
Huawei luncurkan Mate XT ponsel Tri-Fold dengan desain yang mewah. (screenshot @consumer.huawei.com)

PasundanEkspres - Huawei resmi merilis ponsel lipat tiga pertama di dunia. Ponsel berlayar lipat dengan dua engsel ini diberi nama Mate XT Ultimate Design, dan ditawarkan dengan harga yang sangat tinggi.

Mate XT dilengkapi dengan dua engsel yang memungkinkan layarnya melipat menjadi tiga dalam bentuk "Z", sehingga pengguna dapat menggunakan perangkat ini dalam berbagai mode. Layar OLED utamanya berukuran 6,4 inci ketika terlipat sepenuhnya, dan ketika dibuka penuh, ukuran layarnya menjadi 10,2 inci dengan resolusi 2.232 x 3.184 piksel.

Menariknya, perangkat ini juga dapat dioperasikan dalam kondisi terlipat sepertiga, dengan layar berukuran 7,9 inci. Kapasitas baterainya sebesar 5.600 mAh, mendukung pengisian daya 66W melalui kabel, serta 50W secara nirkabel.

"Hari ini, kami mempersembahkan produk yang diimpikan oleh banyak orang, tetapi sulit diwujudkan. Tim kami telah bekerja keras selama lima tahun dan tidak pernah menyerah," ujar Richard Yu, Executive Director Huawei, dalam acara peluncuran ponsel tersebut, seperti dikutip PasundanEkspres dari Reuters, Rabu (11/9/2024).

Pada bagian kamera, ponsel ini dilengkapi tiga kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 50MP, kamera ultrawide 12MP, dan kamera periskop 12MP. Untuk kamera depan, terdapat kamera selfie 8MP yang terletak di dalam hole punch di bagian kiri layar utama, yang juga berfungsi sebagai layar saat ponsel dalam kondisi terlipat penuh.

Dalam laman resmi produk ini di situs Huawei, tidak disebutkan jenis prosesor yang digunakan. Namun, kapasitas RAM dan penyimpanan data diungkap, yaitu RAM sebesar 16GB dengan opsi penyimpanan 256GB, 512GB, dan 1TB. Sistem operasi yang digunakan adalah HarmonyOS 4.2.

Yang menjadi perhatian utama adalah harga perangkat ini, yang untuk sementara hanya dijual di China. Varian dengan penyimpanan 512GB dihargai 21.999 yuan atau sekitar Rp 47 juta, sedangkan varian 1TB dijual seharga 23.999 yuan atau sekitar Rp 52 juta. Untuk varian termurah (256GB), harganya mencapai 19.999 yuan atau sekitar Rp 43 juta.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua