Gadget

Performa PS5 Pro Meningkat Drastis Meski Prosesornya Sama dengan PS5, Apa Alasannya?

PS5 Pro
Performa dari PS5 Pro Meningkat drastis padahal prosesornya sama dengan PS5 standar. (screenshot PS5 @playstation.com)

PASUNDAN EKSPRES - Kabar mengenai PS5 Pro semakin santer terdengar. Setelah sebelumnya tersebar kabar tentang peningkatan grafisnya, kini muncul bocoran mengenai peningkatan teknisnya dibanding PS5.

Sebagaimana yang diketahui, GPU di PS5 Pro mengalami perubahan besar dengan penggunaan arsitektur yang baru. Meski begitu, diperkirakan bahwa chip komputasi utama atau prosesornya tidak mengalami banyak perubahan.

Dilansir dari Techspot pada hari Rabu (20/3/2024), CPU PS5 Pro akan sama dengan CPU PS5, namun dilengkapi dengan fitur High Frequency Mode, yang meningkatkan clock speed-nya hingga mencapai 3,85GHz, atau naik sebesar 10% dibandingkan dengan clock speed standarnya.

Namun, yang menarik adalah penurunan clock speed GPU sebesar 1,5%. Meskipun demikian, bocoran sebelumnya mengungkapkan bahwa performa GPU meningkat sebesar 45% dalam hal performa rendering, dan bahkan meningkat hingga empat kali lipat dalam hal ray tracing.

Sony juga mengklaim bahwa PS5 Pro akan mendukung resolusi 8K serta akselerasi algoritma machine learning. Kemungkinan besar, peningkatan dalam kemampuan machine learning dan upscaling telah menyebabkan peningkatan performa yang signifikan, bersama dengan penggunaan arsitektur baru pada GPU-nya.

Peningkatan spesifikasi lainnya yang ditekankan oleh Sony adalah prosesor audio (ACV) dengan clock speed yang lebih tinggi, dan performa yang meningkat hingga 35%. Hal ini berarti bahwa library ACV di PS5 Pro mampu mengolah efek audio yang lebih kompleks, seperti efek reverb dan urutan Fast Fourier Transform.

Selain itu, bandwidth sistem memorinya juga meningkat sebesar 28%, dari 448GB/s menjadi 576GB/s, dan bocoran tersebut juga menyebutkan bahwa arsitektur memori yang digunakan lebih efisien dibandingkan dengan PS5 standar.

Peningkatan lain yang signifikan adalah kapasitas penyimpanan internal yang naik dari 825GB menjadi 1TB, dan ketersediaan drive Bluray menjadi opsional. Namun, informasi mengenai harga PS5 Pro dan tanggal perilisannya masih belum terungkap, meskipun beberapa rumor menyarankan bahwa peluncurannya akan dilakukan pada bulan September 2024 mendatang.

Berita Terkait