Gadget

iPhone Lawas Terancam Gagal Nikmati Fitur AI Canggih iOS 18

iPhone lawas tidak dapat fitur AI
iPhone lawas dikabarkan tidak akan dapatkan fitur AI. (screenshot iPhone XR @apple.com)

PasundanEksspres - Apple sedang mempersiapkan fitur-fitur berbasis AI yang akan hadir di iOS 18. Namun, tampaknya banyak iPhone lawas yang tidak akan dapat menikmati fitur-fitur canggih ini.

Seperti halnya Samsung dengan Galaxy AI, Apple kemungkinan akan menggunakan dua sistem untuk AI di perangkatnya, yaitu on-device untuk fungsi sederhana dan cloud untuk fitur yang lebih canggih.

Jurnalis Bloomberg Mark Gurman melaporkan bahwa Apple akan menggunakan large language model (LLM) buatannya sendiri untuk menangani tugas AI sederhana yang diproses langsung di perangkat. Ini berarti model AI tersebut akan dijalankan oleh chipset iPhone secara langsung, bukan melalui cloud.

Gurman mengklaim bahwa sebagian besar fitur AI yang dijalankan on-device membutuhkan iPhone dengan chip A17 Pro atau yang lebih baru. Artinya, kemungkinan besar fitur AI lengkap yang ditawarkan iOS 18 hanya bisa diakses oleh pengguna iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Walaupun sama-sama diluncurkan akhir tahun lalu, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus tampaknya tidak akan dapat mengakses fitur AI lengkap seperti versi Pro-nya. Pasalnya, kedua ponsel ini menggunakan chipset A16 yang lebih lama.

Chip A17 memang memiliki CPU dan GPU yang lebih cepat, serta Neural Engine 16-core yang mampu memproses 35 triliun operasi per detik. Selain itu, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max juga dilengkapi RAM yang lebih besar yaitu 8GB, seperti dikutip dari 9to5Mac, Sabtu (8/6/2024).

Karena chip A17 menjadi persyaratan minimal, sejumlah iPhone lawas lainnya yang masih akan menerima update iOS 18 seperti iPhone 14 series, iPhone 13 series, iPhone 12 series, iPhone 11 series, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone SE 2022, dan iPhone SE 2020 kemungkinan tidak akan bisa mengakses beberapa fitur on-device Apple.

Apple juga akan menghadirkan fitur AI untuk iPad dan Mac. iPadOS 18 dan macOS 15 kabarnya akan memiliki fitur AI yang sama, dan Gurman mengatakan bahwa iPad dan Mac membutuhkan setidaknya chip M1 untuk menjalankan fitur-fitur ini.

Sama seperti ketentuan untuk iPhone, varian iPad dan Mac juga membutuhkan RAM 8GB untuk mengakses fitur AI. Kemungkinan fitur-fitur AI ini akan tersedia untuk Mac Silicon keluaran 2020 ke atas dan iPad Pro keluaran 2021 ke atas.

Berita Terkait