Internet

Doa Qunut: Permohonan di Kala Subuh

Doa qunut lengkap
Doa qunut lengkap, (ilustrasi @freepik)

PASUNDAN EKSPRES - Doa qunut adalah salah satu doa yang dibaca dalam shalat, khususnya pada waktu shalat Subuh dan Witir. Doa ini merupakan ekspresi permohonan dan pengharapan kepada Allah SWT untuk mendapatkan petunjuk, perlindungan, dan keberkahan.

Bacaan Doa Qunut

Berikut adalah bacaan doa qunut dalam tulisan Arab:

اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ

وَعَافِنِىْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ

وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ

وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ

وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ

فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ

وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ

وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ

تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ

وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ

النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Arti Doa Qunut

Doa qunut memiliki arti yang dalam, yang mencerminkan kepasrahan total kepada Allah SWT. Berikut adalah terjemahan dari doa qunut:

"Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Maafkanlah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau maafkan. Tolonglah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau tolong. Berkatilah aku dalam apa yang telah Engkau berikan. Lindungilah aku dari keburukan apa yang telah Engkau takdirkan. Karena sesungguhnya Engkau yang menetapkan takdir dan tidak ada yang bisa menetapkan takdir atas-Mu. Dan sesungguhnya tidak akan terhina orang yang Engkau bela. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau, Tuhan kami, dan Maha Tinggi. Bagi-Mu segala puji atas apa yang telah Engkau takdirkan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertobat kepada-Mu. Semoga Allah memberikan rahmat dan sejahtera kepada Nabi kami Muhammad, nabi yang ummi, serta kepada keluarga dan para sahabatnya."

Doa qunut ini dibaca dengan penuh kekhusyukan dan harapan agar kita selalu berada dalam lindungan dan bimbingan Allah SWT di setiap langkah kehidupan kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah kekayaan spiritual Anda.

Berita Terkait