Kesehatan

4 Fungsi Gigi Seri Pada Manusia, Sudah Tahu Belum?

4 Fungsi Gigi Seri Pada Manusia, Sudah Tahu Belum?
Ilustrasi gigi (dok.pexels.com/Shiny Diamond)

PASUNDAN EKSPRES - Gigi seri merupakan jenis gigi yang terletak di bagian depan mulut, baik di rahang atas maupun bawah. Umumnya, setiap orang memiliki empat buah gigi seri di rahang atas dan empat buah di rahang bawah. 

Dua gigi seri di tengah disebut gigi seri utama, sedangkan dua gigi di sisi kanan dan kiri disebut gigi seri lateral. Gigi ini berukuran lebih kecil dibandingkan dengan gigi lainnya dan memiliki satu akar tunggal. 

Bentuknya yang rata dan tajam menjadikan gigi ini efektif untuk memotong  makanan.Gigi seri pertama kali muncul pada usia sekitar enam bulan sebagai gigi susu, dimulai dari rahang bawah. Gigi seri permanen biasanya muncul pada usia 6-8 tahun, menggantikan gigi seri susu yang tanggal.

BACA JUGA:Simak Cara Menggunakan AED dalam Kondisi Darurat Seperti yang Dialami Zhang Zhi Jie

1. Menggigit dan memotong makanan

Fungsi utama dari gigi seri adalah untuk menggigit dan memotong makanan. Karena posisinya yang berada di bagian depan, gigi seri adalah gigi pertama yang berinteraksi dengan makanan saat kita menggigit. 

BACA JUGA:5 Makanan Sehat untuk Menjaga Tekanan Darah Normal, Pisang Salah Satunya

2. Membantu dalam pengucapan

Gigi ini juga memiliki peran penting dalam kemampuan berbicara. Banyak bunyi dan kata yang memerlukan peran aktif dari gigi ini untuk diucapkan dengan benar. Misalnya, pengucapan huruf-huruf seperti “f,” “v,” “s,” dan “z” melibatkan interaksi antara gigi seri dan lidah atau bibir. Kehilangan atau kerusakan pada gigi seri bisa memengaruhi kemampuan seseorang dalam berbicara dengan jelas.

BACA JUGA:Kemenkes Tegaskan Imunisasi Lebih dari Satu Jenis Vaksin Tidak Sebabkan Kematian

3. Mendukung estetika wajah

Gigi yang sehat dan rapi memberikan kontribusi besar pada penampilan estetika wajah seseorang. Senyum yang indah sangat dipengaruhi oleh kondisi gigi seri. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kebersihan gigi tidak hanya penting untuk fungsi fisional tetapi juga untuk penampilan secara keseluruhan.

BACA JUGA:10 Langkah Mudah Untuk Mulai Gaya Hidup Sehat

4. Mempertahankan struktur rahang

Gigi ini juga membantu mempertahankan struktur rahang dan tulang di sekitarnya. Ketika gigi ini hilang atau rusak, ini bisa menyebabkan perubahan pada struktur rahang yang dapat mempengaruhi bentuk wajah dan bahkan fungsi rahang itu sendiri.

(nym) 

Berita Terkait