Lifestyle

Alasan Mode Pesawat Harus Aktif Saat Penerbangan, ini Pejelasannya

Alasan Mode Pesawat Harus Aktif Saat Penerbangan, ini Pejelasannya
Ilustrasi penumpang pesawat (dok.pexels.com/Alexander Isreb)

PASUNDAN EKSPRES - Sebelum tahun 2013, perangkat seperti ponsel harus dimatikan sepenuhnya saat pesawat mulai lepas landas dan mendarat.

Namun, seiring berjalannya waktu persyaratan ini kemudian dilonggarkan. Ponsel milik penumpang diperbolehkan digunakan dalam mode pesawat selama penerbangan berlangung.

Awalnya, aturan ini diperkenalkan karena sinyal telepon  dapat mengganggu sinyal radio dek penerbangan.Selain itu,  komunikasi internal dengan pengatur lalu lintas udara juga dapat terganggu jika ponsel diaktifkan selama penerbangan, seperti dikutip Euronews, (27/12/23).

Pengujian ketat telah dilakukan dan sistem penerbangan  dirancang untuk mengatasi ancaman ini.Namun, persyaratan ini tetap berlaku karena maskapai penerbangan bertindak dengan penuh perhitungan dan sangat hati-hati.

Demi alasan keselamatan, penumpang disarankan untuk terus mengikuti aturan dengan mengaktifkan "mode pesawat", karena teknologi baru yang belum diuji mungkin akan berdampak di masa yang akan datang.

Biasanya, pramugari akan mengingatkan penumpang sebelum lepas landas untuk mematikan semua perangkat elektronik atau membiarkannya dalam "mode pesawat" selama penerbangan.

Sebab, ponsel yang tidak mengaktifkan mode pesawat selama penerbangan berlangsung dapat terus berupaya menyambung ke menara komunikasi darat terdekat.

Atas tindakan ini, otomatis akan berpengaruh besar terhadap sinyal komunikasi dan navigasi penerbangan.

Sebaliknya, baterai ponsel milik penumpnag akan  lebih cepat habis. Namun, saat ini beberapa maskapai penerbangan  menawarkan konektivitas dalam penerbangan atau layanan WiFi untuk membantu penumpang  tetap terhubung dengan internet selama penerbangan.

Namun, layanan Wi-Fi dalam pesawat hanya tersedia pada tahapan penerbangan tertentu, misalnya setelah lampu peringatan sabuk pengaman dimatikan. 

Itulah penjelasan singkat tentang alasan mode pesawat harus aktif saat penerbangan. Ada baiknya, sebagai penumpang pesawat selalu mengikuti intruksi dari pramugari dan pilot untuk keamanan dan kenyaman bersama. Semoga informasi di atas dapat membantu. 

(nym)

Berita Terkait