News

Centang Biru Berbayar dan Asisten AI, Fitur Baru WhatsApp Business

Fitur baru Whatsapp Business
Fitur baru Whatsapp Business kini punya centang biru berbayar dan asisten AI. (screenshot @developers.facebook.com)

PasundanEkspres - WhatsApp Business baru saja memperkenalkan sejumlah fitur baru yang ditujukan untuk usaha kecil dan menengah. Dua fitur utama tersebut adalah centang biru berbayar yang disebut Meta Verified dan asisten kecerdasan buatan (AI).

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg, dalam acara Conversations yang diadakan di Sao Paulo, Brasil. Dalam pidatonya, Zuckerberg banyak membahas mengenai AI yang diprediksinya akan membentuk masa depan seluruh aplikasi Meta, termasuk WhatsApp.

Dengan fitur AI di WhatsApp Business, pemilik usaha kini bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk membuat iklan di Facebook dan Instagram, yang dirancang untuk mendorong calon konsumen memulai percakapan dengan bisnis melalui WhatsApp.

AI juga digunakan oleh WhatsApp untuk membantu bisnis menjawab pertanyaan yang sering diajukan, seperti mengenai katalog produk. Selain itu, pemilik usaha bisa memanfaatkan AI untuk menindaklanjuti pelanggan, seperti mengingatkan mereka tentang barang yang tertinggal di keranjang belanja atau menawarkan diskon.

"Dan semua AI tersebut harus disesuaikan dengan produk dan layanan Anda. Melakukan hal ini dengan benar akan membuka peluang besar untuk membantu bisnis berkembang," ujar Zuckerberg dalam sambutannya, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima detikINET, Jumat (7/6/2024).

"Oleh karena itu, kami sedang mengujinya pada sejumlah bisnis kecil berbahasa Inggris di India dan Singapura. Dan kami juga akan segera merilis fitur ini di Brasil," tambahnya.

Selain itu, Zuckerberg juga mengumumkan kehadiran fitur Meta Verified untuk akun bisnis. Meta pertama kali meluncurkan program Verified untuk bisnis pada September 2023, namun hanya tersedia untuk Facebook dan Instagram. Kini, fitur tersebut diperluas hingga mencakup WhatsApp.

Pemilik usaha yang berlangganan Meta Verified di WhatsApp akan mendapatkan lencana verifikasi atau centang biru, perlindungan terhadap peniruan identitas, prioritas dukungan akun, dan berbagai fitur lainnya untuk meningkatkan visibilitas. Fitur ini diluncurkan di Brasil, India, Indonesia, dan Kolombia, sebelum dirilis di lebih banyak negara.

"Dengan Meta Verified, akan lebih mudah bagi bisnis kecil untuk membangun kredibilitas dengan pelanggan dan memperkuat brand, sehingga pelanggan merasa lebih tenang ketika menghubungi Anda," kata Zuckerberg.

Terakhir, WhatsApp Business juga memperkenalkan fitur panggilan telepon dalam chat untuk bisnis berukuran besar. Dengan fitur ini, konsumen dapat berbicara langsung dengan perwakilan bisnis hanya dengan satu ketukan.

WhatsApp mencontohkan bahwa fitur panggilan telepon ini akan sangat berguna untuk percakapan yang kompleks, seperti konsumen yang ingin membuka rekening baru di bank atau mendiskusikan detail perjalanan dengan agen. Fitur ini masih dalam tahap uji coba dan akan diperluas ke lebih banyak bisnis dalam beberapa bulan ke depan.

Berita Terkait