News

Rahasia Hidup Sehat Kakek Hardjo Mislan, Jemaah Haji Tertua Indonesia asal Ponorogo

Rahasia Hidup Sehat Kakek Hardjo Mislan, Jemaah Haji Tertua Indonesia asal Ponorogo
Hardjo Mislan, jemaah haji Tertua Indonesia asal Ponorogo yang melaksanakan ibadah haji tahun ini. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Hardjo Mislan, menjadi jemaah haji tertua se-Indonesia dalam penyelenggaraan ibadah haji di tahun ini.

Jemaah haji asal Ponorogo, Jawa Timur itu diketahui berusia 109 tahun yang berkesempatan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Mbah Hardjo, demikian akrab disapa, merupakan jemaah yang tergabung dalam kloter 19 asal Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur dan telah diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya ke Madinah pada Kamis, (16/5).

Jemaah haji tersebut dikabarkan telah tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah pada Kamis, 16 Mei 2024 pukul 15.20 waktu Arab Saudi.

"Alhamdulillah, saya senang. Senang sekali sudah bisa sampai di Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji," ucap Kakek Hardjo saat tiba di Madinah, dikutip dari Tribun News, Jumat (17/5).

Diketahui, Hardjo Mislan mendaftar haji pada tahun 2019 dan baru mendapatkan kesempatan beribadah haji di tahun ini dalam usia 109 tahun.

Kakek mantan veteran itu didampingi oleh keluarganya yaitu anaknya, menantu dan besannya dalam melaksanakan ibadah haji.

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, Mbah Hardjo mengaku telah melakukan berbagai persiapan saat melaksanakan ibadah haji, salah satunya persiapan fisik.

Kakek itu menyebut rahasia hidup sehat di usianya yang sudah senja itu yaitu berolahraga dengan berjalan kaki setiap pagi harinya agar tubuhnya bugar dan sehat.

Selain itu, Mbah Hardjo juga rajin melakukan salat tahajud, silaturahmi kepada tetangga, rajin puasa Senin-Kamis hingga sering berziarah ke makam sanak saudaranya.

Sementara itu, Hardjo Mislan merupakan salah satu dari 45 ribu jemaah haji lansia yang melaksanakan ibadah haji di tahun ini.

Adapun Kementerian Agama (Kemenag) berkomitmen untuk mewujudkan 'Haji Ramah Lansia' dengan menyediakan layanan seperti kursi prioritas (bisnis) di dalam pesawat hingga pendamping jemaah lansia. (inm)

Berita Terkait