News

Menhub Targetkan Uji Coba Operasional Bandara IKN Juli 2024

Menhub Targetkan Uji Coba Operasional Bandara IKN Juli 2024
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat diuji coba pada Juli 2024. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat diuji coba pada Juli 2024.

Hal ini diungkapkan Budi usai meninjau progres pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu (24/1).

"Hari ini kita melihat pembangunan bandara berjalan dengan baik. Bulan Juli diperkirakan sudah selesai untuk kita uji cobakan," ucapnya dalam keterangan resmi pada Rabu (24/1).

Budi menjelaskan mulai Januari hingga Juli mendatang, akan dilakukan pekerjaan konstruksi dan persiapan operasi bandara.

Selain itu, proses pembangunan bandara juga akan dipercepat dengan penambahan alat, waktu kerja, serta penyelesaian terkait lahan.

Diketahui, Bandara Nusantara di kawasan IKN akan digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di IKN.

Bandara IKN ini memiliki luas area bandara 347 hektare dan luas terminal 7.350 meter persegi serta berjarak 23 kilometer dari titik 0 IKN dan 120 km dari Balikpapan.

Adapun, bandara ini memiliki landasan pacu atau runway sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter sehingga dapat didarati pesawat berbadan besar seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

Selain meninjau proses pembangunan bandara, Menhub Budi Karya Sumadi juga mengecek bakal lokasi pembangunan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART) di IKN.

"Kereta otonom atau ART nanti akan berada di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur. Ditargetkan pada bulan Agustus sudah bisa kita gunakan sebagian rutenya," kata Menhub.

Pembangunan rute ART ini akan dilakukan dalam dua fase di mana satu set kereta terdiri dari 2 gerbong dengan berkapasitas total 342 penumpang.

ART juga berkecepatan operasional 40 km/jam dan berkecepatan maksimal 70 km/jam dengan menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet.

Sementara itu, Bandara Nusantara IKN telah memulai proses pembangunan dengan prosesi peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Presiden Joko Widodo pada 1 November 2023. (inm)

Berita Terkait