Olahraga

Rizki Juniansyah Raih Tiket Olimpiade Paris 2024 Usai Juara di Piala Dunia Angkat Besi 2024

Rizki Juniansyah Raih Tiket Olimpiade Paris 2024 Usai Juara di Piala Dunia Angkat Besi 2024
Atlet angkat besi Indonesia, Rizki Juniansyah berhasil meraih tiket Olimpiade Paris 2024. (Foto: NOC Indonesia)

PASUNDAN EKSPRES - Atlet angkat besi Indonesia, Rizki Juniansyah berhasil meraih tiket Olimpiade Paris 2024.

Rizki Juniansyah membuat kejutan setelah ia menjuarai Piala Dunia Angkat Besi 2024 atau IVF World Cup 2024 di nomor 73kg di Phuket, Thailand pada Kamis, 4 April 2024.

Dalam ajang tersebut, Rizky meraih dua medali emas dan satu medali perak di nomor 73 kilogram putra.

Ia sukses mencatatkan total angkatan 365 kg dengan rincian angkatan 164kg snatch dan 201 kg pada angkatan clean and jerk.

Hasil tersebut membuat Rizki Juniansyah membawa medali emas dan berhasil memecahkan rekor dunia untuk angkatan clean and jerk.

Kejutan dari Rizki Juniansyah yang baru saja menjuarai IVF World Cup 2024 itu membuat Rahmat Erwin Abdullah harus tersingkir dari perebutan tiket Olimpiade Paris 2024.

Dalam ajang Piala Dunia Angkat Besi itu, Rahmat Erwin meraih satu medali perak dari angkatan clean and jerk 206kg dan dua perunggu dari angkatan snatch 16kg dan total angkatan 355 kg.

Adapun, Rizki Juniansyah berhasil menjadi juara di Piala Dunia Angkat Besi 2024 dengan total angkatan 305 kg. 

Sedangkan, peringkat kedua diraih atlet China, Shi Zhiyong serta Rahmat Erwin Abdullah menempati peringkat ketiga di Piala Dunia Angkat Besi nomor 73kg.

Diketahui, aturan IWF hanya memperbolehkan setiap negara mengirimkan satu wakil di setiap kelasnya.

Oleh sebab itu, Indonesia hanya bisa meloloskan Rizki Juniansyah ke Olimpiade Paris 2024.

Hasil ini membuat Rizki menyusul seniornya, Eko Yuli Irawan ke Olimpiade Paris 2024 yang sudah lebih dulu dipastikan lolos di nomor 61kg.

Sementara itu, sudah ada tujuh atlet Indonesia yang dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024 yakni Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), Rifda Irfanaluthfi (senam), Fathur Gustafian (menembak), Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing), Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing), dan Rio Waida (selancar). (inm)

Berita Terkait