Raket

Sejarah Tercipta di All England 2024, Jonatan Christie Juara Hingga Fajar/Rian Pertahankan Gelar

Sejarah Tercipta di All England 2024, Jonatan Christie Juara Hingga Fajar/Rian Pertahankan Gelar
Jonatan Christie dan Fajar Alfian/M Rian Ardianto meraih juara di All England 2024. (Foto: X @INABadminton)

PASUNDAN EKSPRES - All England 2024 menjadi momen yang menggembirakan sekaligus mengharukan setelah wakil Indonesia menuai prestasi gemilang di turnamen ini. 

Turnamen All England 2024 telah selesai digelar pada Minggu, 17 Maret 2024 di Birmingham, Inggris. 

Setelah dilanda paceklik gelar di sepanjang turnamen di awal tahun ini, tim bulutangkis Indonesia menoreh prestasi gemilang di All England 2024.

Tunggal putra Jonatan Christie berhasil meraih gelar juara All England 2024 setelah mengalahkan rekan senegaranya, Anthony Sinisuka Ginting dengan skor 21-15, 21-14.

Jonatan Christie berhasil mengulang kembali sejarah 30 tahun lalu sebagai tunggal putra Indonesia pertama yang meraih juara All England di tahun ini.

Diketahui, tunggal putra Indonesia terakhir kali meraih juara All England terjadi di tahun 1994 di mana Hariyanto Arbi mengalahkan rekan senegaranya, Ardy B Wiranata. 

Kini, momen itu kembali terjadi lewat Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting yang menciptakan All Indonesian Final di All England 2024.

"Puji Tuhan, sangat bersyukur atas yang Tuhan berikan terutama di minggu ini. Tidak pernah menyangka untuk bisa jadi juara di All England. Ini juga gelar Super 1000 pertama saya. Pasti sangat-sangat berharga," ucap Jonatan dalam wawancaranya pada Minggu (17/3/2024).

Atlet yang kerap disapa Jojo itu kini masuk dalam jajaran atlet bulutangkis yang telah meraih titel juara dari semua level turnamen BWF World Tour (S300-S1000) sekaligus meraih gelar S1000 pertamanya. 

Sementara itu, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga menorehkan prestasi gemilang di mana mereka kembali 'back to back' meraih gelar All England 2024 di nomor ganda putra setelah mengalahkan wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 21-16, 21-16.

Hal ini menjadikan Fajar/Rian sebagai ganda putra Indonesia ketiga yang berhasil meraih gelar juara All England 2 tahun berturut-turut setelah Ricky Subagja/Rexy Mainaky dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

"Sangat senang bisa back to back juara di All England. Ini juga gelar pertama kami setelah All England tahun lalu. Intinya kami ingin terus konsisten, berprestasi lagi, juara di setiap turnamen dan rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata apalagi kami datang sebagai yang tidak diunggulkan," ucap Fajar dalam wawancaranya.

Indonesia pun dipastikan menjadi juara umum di turnamen All England 2024 dengan meraih 2 winner yaitu Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto serta 1 runner up dari Anthony Sinisuka Ginting. (inm)

Berita Terkait