Sepak Bola

UPDATE Ranking FIFA Hari Ini, Senin (9/9/2024) Timnas Malaysia Lampaui Indonesia, Skenario Timnas Garuda Kembali Naik

Para pemain Timnas Malaysia merayakan gol ke gawang Papua Nugini dalam laga FIFA Matchday Juni 2023. Sumber (BHARIAN.COM.MY)
Para pemain Timnas Malaysia merayakan gol ke gawang Papua Nugini dalam laga FIFA Matchday Juni 2023. Sumber (BHARIAN.COM.MY)

PASUNDAN EKSPRES - Timnas Malaysia berhasil melampaui peringkat FIFA Timnas Indonesia setelah meraih kemenangan 1-0 atas Lebanon di final Pesta Bola Merdeka 2024 yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada Minggu (8/9/2024) malam WIB.

Kemenangan tersebut memberikan tambahan 5,58 poin bagi skuad Harimau Malaya, julukan Timnas Malaysia, di ranking FIFA. Dengan tambahan poin ini, skuad asuhan Pau Marti Vicente naik tiga peringkat dari posisi 134 ke 131 dunia dengan total 1.117,64 poin.

Keberhasilan Malaysia menyalip Timnas Indonesia terjadi setelah mereka melampaui tiga negara sekaligus, yaitu Gambia, Rwanda, dan Indonesia. Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat 132 dunia dengan 1.115,61 poin.

Tetapi selisih hanya dua poin dari Malaysia membuat Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk kembali mengungguli sang rival. Timnas Indonesia berpeluang melampaui peringkat Malaysia jika setidaknya meraih hasil imbang saat menjamu Australia pada matchday kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yang akan digelar Selasa (10/9/2024) malam WIB.

Jika Timnas Indonesia mampu menahan imbang Australia, mereka akan memperoleh tambahan 8,57 poin di ranking FIFA. Dengan demikian, total poin Indonesia akan menjadi 1.124,18, yang cukup untuk mengangkat mereka ke peringkat 130 dunia.

Skenario lebih optimis terjadi jika Timnas Indonesia mampu mengalahkan Australia. Kemenangan ini akan memberikan tambahan 21,07 poin, yang akan membuat total poin Timnas Indonesia menjadi 1.136,68. Raihan ini berpotensi mengangkat posisi Indonesia ke peringkat 127 dunia, melewati Malaysia, Nikaragua, Malawi, Niger, dan Zimbabwe.

Di luar persaingan Indonesia dan Malaysia, Thailand masih mempertahankan status sebagai negara Asia Tenggara dengan peringkat FIFA tertinggi, yaitu peringkat 101 dunia. Vietnam mengikuti di posisi 116, sementara Filipina berada di peringkat 148.

Apakah Timnas Indonesia mampu memanfaatkan peluang ini untuk kembali mengungguli Malaysia dan beberapa negara lainnya di ranking FIFA? Semua akan terjawab setelah laga penting melawan Australia.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua