PasundanEkspres - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (selanjutnya disebut 'Perseroan' atau 'Grup GoTo', BEI: GOTO) memperkenalkan teknologi terbaru, GoTo AI. Sebagai tahap awal implementasi teknologi ini, GoTo menghadirkan 'Dira by GoTo AI', sebuah asisten suara dalam Bahasa Indonesia berbasis kecerdasan buatan.
Saat ini, Dira dapat diakses oleh sebagian pengguna di aplikasi GoPay dan akan diperluas untuk semua pengguna sebelum tersedia di aplikasi Gojek.
"Lahirnya solusi dari produk dan layanan GoTo berasal dari pemahaman kami yang sangat mendalam tentang Indonesia, dan ini juga tercermin pada GoTo AI. Dira merupakan asisten suara berbahasa Indonesia yang tidak hanya memberikan manfaat bagi pengguna, namun juga menjadi landasan untuk pengembangan inovasi AI GoTo lebih lanjut di masa mendatang," ungkap Hans Patuwo, Chief Operating Officer GoTo, dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (17/7/2024).
GoTo AI dirancang untuk memberikan manfaat melalui tiga fokus utama:
1. Meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih mudah dan nyaman.
2. Memperkuat keamanan di seluruh platform GoTo.
3. Memperkuat kapabilitas tim GoTo dalam pengembangan dan aplikasi teknologi AI.
Dira, yang merupakan singkatan dari Dikte Suara, dirancang untuk memudahkan pelanggan dalam menggunakan fitur-fitur aplikasi GoPay dan mempercepat berbagai transaksi melalui asisten suara berbahasa Indonesia.
Hans Patuwo menambahkan, aplikasi GoPay dirancang dengan mengutamakan kemudahan dan akses yang bisa menjangkau semua, sesuai dengan misi GoPay menyediakan layanan keuangan yang simpel dan aman bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, yang mencakup lebih dari 97 juta orang dewasa yang belum memiliki akses ke layanan perbankan (unbanked).
"Dengan diluncurkannya Dira sebagai inovasi perintah suara berbasis kecerdasan buatan yang hadir pertama kali di industri fintech Indonesia, kami selangkah lebih maju dalam menyediakan aplikasi GoPay yang simpel dan dapat menjangkau semua," tambahnya.
Hadirnya Dira memberikan kemudahan dan akses bagi pengguna aplikasi GoPay dengan mempersingkat durasi yang diperlukan untuk menyelesaikan satu transaksi. Sebagai contoh, untuk membayar tagihan BPJS kesehatan, biasanya dibutuhkan beberapa kali tap dan scroll hingga sampai ke halaman pembayaran BPJS. Dengan Dira, pengguna cukup melakukan satu kali tap dan memberikan perintah suara untuk berbagai transaksi yang dibutuhkan, sehingga dapat menghemat waktu.
Selain itu, Dira mempermudah pengguna dalam menavigasi fitur antarmuka aplikasi GoPay, mengurangi pencarian manual di halaman utama aplikasi, dan memudahkan pengguna menemukan fitur baru dalam aplikasi GoPay.
Dira memungkinkan implementasi AI dimanfaatkan oleh lebih banyak pengguna, karena dapat diakses di aplikasi GoPay yang berukuran ringan. Ini membuat Dira dapat diakses di perangkat handphone apa saja, termasuk perangkat dengan kapabilitas terbatas, tanpa biaya tambahan apa pun.
Untuk mengakses Dira di aplikasi GoPay, pengguna cukup mengklik ikon mikrofon yang terletak di pojok kanan atas halaman utama aplikasi GoPay untuk memberikan perintah suara. Selanjutnya, pengguna akan diarahkan ke halaman transaksi terkait.
Transaksi yang bisa diakses oleh Dira antara lain pembayaran tagihan listrik, transfer ke bank ataupun sesama GoPay, pembelian pulsa, mengganti PIN, dan masih banyak lainnya.
Sesuai dengan standar keamanan aplikasi GoPay, pengguna diwajibkan untuk mengautentikasi transaksi menggunakan PIN dan verifikasi biometrik, seperti sidik jari atau pengenalan wajah. Tanpa verifikasi tambahan, pengguna tidak akan dapat menyelesaikan transaksi apa pun.