Tekno

40 Tahun Setelah Dirilis, Microsoft Notepad Memperoleh Fitur Baru

Notepad
MS Notepad kini punya fitur baru setelah rilis 40 tahun. (screenshot @apps.microsoft.com)

PasundanEkspres - Microsoft menghadirkan sesuatu yang unik untuk Notepad, aplikasi yang diluncurkan 40 tahun yang lalu, dengan menambahkan fitur baru yang diadopsi dari Word.

Notepad pertama kali diperkenalkan bersama Windows pada tahun 1983, dan kini, empat dekade kemudian, Microsoft memperkenalkan fitur baru yang telah diuji sejak Maret 2024. Fitur baru ini diperkenalkan tanpa pengumuman resmi kepada seluruh pengguna Windows 11. Fitur yang dimaksud adalah pengecek ejaan (spellcheck) dan koreksi otomatis (autocorrect), yang keduanya sangat mirip dengan fitur yang terdapat pada Word.

Dikatakan mirip karena tampilan fitur ini hampir identik, yakni dengan memberikan garis bawah berwarna merah pada kata-kata yang ejaannya salah. Namun, perbedaannya adalah di Word, pengguna hanya perlu melakukan satu klik kanan untuk menampilkan submenu yang berisi ejaan yang benar. Sementara itu, di Notepad, pengguna harus melakukan satu klik tambahan.

Keberadaan perbedaan ini cukup mengejutkan mengingat bahwa selama masa beta, fitur pengecek ejaan di Notepad berfungsi sama persis dengan yang ada di Word. Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa Notepad adalah teks editor sederhana, berbeda dengan Word yang sejak awal dirancang sebagai teks editor yang lebih kompleks.

Perlu dicatat bahwa fitur pengecek ejaan sebenarnya sudah ada di Word sejak tahun 1985, ketika Word masih bernama Multi-Tool Word untuk Xenix dan MS-DOS. Sementara itu, Notepad awalnya dikenal dengan nama Multi-Tool Notepad.

Fitur pengecek ejaan ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan di Notepad sesuai kebutuhan pengguna. Fitur ini juga otomatis dinonaktifkan untuk file log dan berbagai jenis file lain yang berkaitan dengan pengkodean. Sementara itu, fitur koreksi otomatis akan secara otomatis memperbaiki kata-kata dengan ejaan yang salah saat fitur pengecek ejaan diaktifkan, dan fitur ini juga dapat dinonaktifkan secara manual, sebagaimana dikutip oleh PasundanEkspres dari The Verge pada Selasa (9/7/2024).

Penambahan berbagai fitur ke Notepad ini dilakukan oleh Microsoft setelah mereka menghentikan dukungan untuk WordPad di Windows 11 beberapa waktu lalu. Saat ini, Notepad memiliki berbagai fitur seperti penghitung jumlah karakter, mode gelap (dark mode), tab, integrasi Copilot, dan lainnya.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua