Tekno

Apple Intelligence Diperkirakan Menjadi Layanan Berbayar, Berikut Estimasi Harganya

Apple Intelligence
Apple Intelligence diperkirakan bakal jadi layanan berbayar. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - Apple dikabarkan akan mengubah beberapa fitur dari Apple Intelligence menjadi layanan berbayar. Sejumlah analis memperkirakan bahwa Apple akan menetapkan tarif sekitar USD 20 atau sekitar Rp 318 ribuan per bulan untuk versi berbayar dari Apple Intelligence.

Neil Shah, seorang analis dari Counterpoint Research, menyatakan bahwa Apple mungkin akan menawarkan Apple Intelligence sebagai bagian dari layanan premium Apple One. Ia memprediksi bahwa biaya untuk layanan ini kemungkinan akan berkisar antara USD 10 hingga USD 20 per bulan.

"Software dan layanan memberikan keuntungan lebih besar bagi Apple, sehingga menjadikannya model langganan seperti Apple One," kata Shah, seperti yang diansir dari CNBC pada Senin (12/8/2024).

Apple One adalah paket bundel yang mencakup sejumlah layanan berbayar Apple seperti Apple Music, Apple TV+, iCloud, dan lain-lain. Saat ini, biaya berlangganan Apple One sebesar USD 19,95 atau sekitar Rp 317 ribuan per bulan.

Divisi layanan Apple berhasil meraih pendapatan sebesar USD 24,2 miliar pada kuartal kedua tahun 2024, menjadikannya salah satu perusahaan perangkat keras yang berhasil memonetisasi layanan perangkat lunaknya. Menurut analis CCS Insight, Ben Wood, langkah Apple untuk menjadikan Apple Intelligence sebagai salah satu sumber pendapatannya sangat masuk akal.

"Apple adalah salah satu dari sedikit perusahaan perangkat yang berhasil memonetisasi layanan bernilai tambah yang mereka tawarkan," kata Wood.

"Akibatnya, Apple telah menciptakan preseden bagi penggunanya bahwa mereka harus membayar untuk layanan yang lebih premium. Berdasarkan hal ini, tidak dapat dikesampingkan bahwa Apple mungkin akan memilih untuk mengenakan biaya tambahan untuk fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh Apple Intelligence," lanjutnya.

Wood juga menambahkan bahwa Apple Intelligence dapat memberikan Apple opsi untuk meluncurkan bundel layanan berbayar dengan harga tunggal, mirip dengan tingkatan baru untuk Apple One. Kemungkinan lainnya adalah Apple akan menawarkan beberapa fitur Apple Intelligence secara gratis, namun pengguna harus membayar untuk mengakses fitur yang lebih lengkap.

Ini bukan pertama kalinya terdengar kabar bahwa Apple akan menjadikan Apple Intelligence sebagai fitur berbayar. Sebelumnya, jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, menyatakan bahwa Apple Intelligence awalnya akan tersedia secara gratis, namun rencana jangka panjang Apple adalah meluncurkan Apple Intelligence+ dengan fitur tambahan dan biaya langganan bulanan.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua