Tekno

iOS 18 Akan Rilis 16 September Bawakan Fitur Baru, Update Siri, dan Apple Intelligence

iOS 18
iOS 18 bakal dihadirkan tanggal 16 September. (screenshot @developer.apple.com)

PasundanEkspres - Apple akan segera meluncurkan iOS 18 bersamaan dengan pengenalan iPhone 16 series. Tanggal ketersediaan iOS 18 diumumkan, dan sistem operasi tersebut akan mulai tersedia untuk iPhone yang memenuhi syarat pada 16 September.

iOS 18 akan didukung oleh iPhone SE (generasi kedua dan ketiga), iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, serta seluruh seri iPhone 11 hingga iPhone 15. Sementara itu, iPhone 16 series akan dirilis pada 20 September dengan iOS 18 sebagai sistem operasi bawaannya.

Pembaruan ini akan menghadirkan banyak fitur baru untuk iPhone, termasuk kemampuan mengubah posisi aplikasi dan widget di layar utama serta memodifikasi tampilannya. Selain itu, Apple memperkenalkan tampilan baru untuk Control Center, aplikasi pengelola kata sandi yang baru, serta dukungan untuk SMS melalui satelit.

Aplikasi Photos juga mengalami pembaruan di iOS 18, yang akan mempermudah pengguna dalam menemukan foto favorit mereka. Pengguna juga dapat menyesuaikan tombol kontrol di bagian bawah layar kunci dan mengelola kotak masuk di aplikasi Mail.

Namun, fitur Apple Intelligence tidak akan tersedia bersamaan dengan peluncuran iOS 18. Fitur-fitur awal Apple Intelligence akan diperkenalkan melalui pembaruan iOS 18.1 yang dijadwalkan rilis pada bulan Oktober.

Tahap awal peluncuran Apple Intelligence hanya akan mendukung Bahasa Inggris versi Amerika Serikat, dengan dukungan untuk versi Inggris dari Australia, Kanada, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Inggris yang akan menyusul. Pada tahun berikutnya, dukungan bahasa akan diperluas untuk mencakup Bahasa Mandarin, Prancis, Jepang, dan Spanyol.

Beberapa fitur Apple Intelligence yang akan tersedia pada bulan Oktober meliputi Writing Tools, pembuatan film berdasarkan deskripsi di fitur Memories pada aplikasi Photos, Clean Up yang dapat menghilangkan objek atau orang di foto, Smart Reply pada aplikasi Mail, dan fitur lainnya.

Siri juga akan diperbarui dengan kemampuan memahami perintah dalam bentuk teks serta bahasa yang lebih alami dan fleksibel, dan akan disertai dengan fitur merekam, mentranskrip, dan merangkum audio pada aplikasi Notes dan Phone, seperti yang disebutkan dalam pernyataan resmi Apple pada Selasa, 10 September 2024.

Dalam beberapa bulan mendatang, Apple juga berencana merilis fitur tambahan seperti Image Playground untuk membuat gambar dan emoji, Image Wand untuk menciptakan gambar dari sketsa kasar, serta Siri yang lebih cerdas dengan pemahaman konteks pengguna untuk memberikan hasil yang lebih disesuaikan. Integrasi ChatGPT ke Siri juga akan hadir pada tahap kedua pembaruan.

Apple Intelligence hanya akan tersedia untuk iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, iPhone 16 Pro Max, iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta perangkat iPad dan Mac yang menggunakan chip M1 atau lebih baru.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua