Daerah

SMPN 4 Subang Luncurkan Aksi Bergizi, Pembiasaan Budaya Hidup Sehat Siswa

SMPN 4 Subang luncurkan aksi bergizi dalam rangka pembiasaan budaya hdup sehat siswa. (Zaenal Abidin/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Sekolah Menengah Pertama Negri (SMPN) 4 Subang melakukan program Aksi Bergizi 'Isi Piring Ku' yang diikuti oleh seluruh siswa, Jumat (2/2). 

Kegiatan ini untuk mewujudkan program sekolah sehat tersebut digelar dengan berkolaborasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan senam bersama antara guru dan siswa di lapangan sekolah. Usai senam dilanjutkan dengan sarapan bergizi dan pembagian tablet penambah darah bagi siswa putri.

Kemudian, aksi bergizi diisi dengan edukasi kepada siswa tentang pentingnya gizi dan minum tablet penambah darah bagi siswa putri oleh wali kelas masing-masing dan tim dari dinkes setempat.

Hubungan Masyarakat SMPN 4 Subang Langgeng Rizkiyah S. Pd mengatakan, kegiatan ini diikuti semua siswa baik kelas VII sampai IX. 

"Aksi bergizi ini digelar sebagai salah satu perwujudan dari Profil Pelajar Pancasila. Sekaligus untuk mewujudkan warga sekolah agar terbiasa hidup sehat jasmani dan rohani yang aktif dan kreatif," ungkapnya kepada Pasundan Ekspres. 

Ia mengatakan, kegiatan ini juga penting diaksanakan untuk perubahan terhadap ketahan fisik dan kecerdasan peserta didik. 

Sebab, program aksi bergizi ini akan memperkenalkan kepada siswa berbagai variasi makanan sehat dan kandungan gizi pada makanan serta manfaat yang akan diberikan kepada tubuh sehingga siswa dapat memilih makanan yang baik. 

Ia berharap, tidak hanya kualitas fisik tapi siswa memahami pola pikir hidup sehat. 

"Tidak hanya itu siswa juga harus tau bagaimana cara mengelola sampah dan membuangnya ketempat sampah agar tidak mencemari lingkungan," tutupnya.(znl/ysp) 

ZAENAL ABIDIN/PASUNDAN EKSPRES

Berita Terkait