Gadget

Kapan iPad Mini 7 Akan Dirilis, Apple?

iPad Mini 7
iPad Mini 7 kapan akan dirilis Apple? (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - Lini iPad Mini sering kali "dilupakan" oleh Apple. Seri terakhirnya dirilis pada September 2021 dan hingga sekarang belum ada pembaruan. Padahal, seri iPad lain seperti iPad Pro dan iPad Air sudah beberapa kali mendapatkan versi baru.

Kabarnya, pada tahun 2024 ini Apple akan merilis iPad Mini seri baru. Bagaimana bocoran spesifikasinya?

Desain dan Layar

Hingga saat ini belum ada rumor terkait perubahan desain iPad Mini. Jadi, kemungkinan desainnya masih akan sama seperti iPad Mini 6 dengan layar 8,3 inch. Fitur biometrik juga kemungkinan masih menggunakan Touch ID pada tombol power.

Perubahan yang mungkin terjadi pada sisi layar adalah perbaikan kecil untuk mengatasi masalah jelly scrolling, yang muncul di seri iPad Mini sebelumnya. Perbaikan ini dilakukan dengan memutar orientasi layar, yang diharapkan bisa mengurangi efek jelly tersebut saat menggunakan iPad Mini dalam orientasi vertikal.

Soal warna, iPad Mini baru ini kemungkinan juga akan hadir dengan varian warna baru. iPad Mini yang ada saat ini tersedia dalam pilihan warna space gray, starlight, pink, dan purple. Kemungkinan, pilihan warnanya akan mengikuti iPad Air, sehingga warna pink mungkin akan digantikan dengan warna biru.

Prosesor

Jika iPad Pro dan iPad Air sudah menggunakan chip seri M, tampaknya iPad Mini masih akan memakai chip seri A, kemungkinan A17 Pro yang digunakan di iPhone 15 Pro -- atau bisa juga varian A17 lainnya.

Ada juga kemungkinan iPad Mini baru ini akan menggunakan chip A18 jika semua jajaran iPhone 16 memakai varian A18, demikian dikutip detiKINET dari Macrumors, Selasa (4/6/2024).

Namun yang jelas, dengan integrasi kecerdasan buatan (AI) ke iOS 18 dan iPadOS 18, penggunaan chip terkini yang kencang tampaknya menjadi kewajiban bagi Apple.

Kamera Depan

Apple mungkin akan mengikuti orientasi kamera depan yang ada di iPad Air untuk iPad Mini. Yakni memindahkan posisinya dari posisi vertikal ke posisi landscape. Kamera ini mungkin akan mendukung HDR 4 dan memiliki bukaan diafragma yang lebih lebar.

Konektivitas

Dukungan jaringan WiFi mungkin juga akan diperbarui ke WiFi 6E, yang memungkinkan iPad Mini baru terhubung ke jaringan WiFi 6GHz -- jika routernya mendukung. Bluetooth-nya mungkin akan ditingkatkan ke Bluetooth 5.3, dan Apple mungkin akan menghilangkan slot nano SIM serta menggunakan opsi eSIM.

Apple Pencil Pro

iPad Mini yang ada saat ini mendukung Apple Pencil 2, jadi kemungkinan versi barunya akan mendukung Apple Pencil Pro, yang fiturnya lebih canggih. Seperti squeeze gesture, haptic feedback, gyroscope, serta integrasi Find My.

Kapan Diluncurkan?

Kemungkinan iPad Mini baru ini akan diluncurkan menjelang akhir tahun 2024, bisa pada bulan September atau Oktober. Dalam sejarahnya, Apple biasanya menggelar peluncuran Mac dan iPad baru pada bulan Oktober.

Berita Terkait