Gadget

HMD Skyline, Nokia Lumia Reborn dengan Fitur Bongkar Pasang

HMD Skyline
Nokia Lumia Reborn dinamai HMD Skyline yang punya fitur bongkar pasang. (screenshot @HMD)

PsaundanEkspres - HMD Skyline akhirnya diumumkan setelah bocorannya muncul beberapa pekan lalu. Ponsel ini mengusung desain ala Nokia Lumia dan memiliki fitur unik yang dapat dibongkar pasang.

HMD Skyline dibuat dengan teknologi Gen2 Repairability, yang memungkinkan pengguna melakukan perbaikan sendiri di rumah. Pengguna hanya perlu memutar satu sekrup untuk membuka penutup belakang menggunakan obeng atau pick gitar.

Setelah penutup belakang dilepas, pengguna dapat mengakses serangkaian sekrup untuk melepaskan bagian layar. Selain itu, pengguna juga dapat mencopot baterai untuk diganti dengan yang baru.

Teknologi Gen2 Repairability ini juga memungkinkan pengguna untuk memperbaiki port pengisian daya yang bengkok dan penutup belakang yang tergores, selain mengganti layar dan baterai yang habis, seperti yang disebutkan oleh perusahaan.

HMD Skyline memiliki layar pOLED 6,55 inci dengan resolusi Full HD+. Layar ini mendukung refresh rate 144 Hz dan pemutaran video HDR10.

Di sektor dapur pacu, ponsel ini dilengkapi dengan Snapdragon 7s Gen 2 SoC. Terdapat RAM hingga 12 GB serta memori hingga 256 GB. Ponsel ini juga masih menyediakan slot microSD untuk memperluas ruang penyimpanan hingga 512 GB.

Pada bagian belakang, terdapat tiga kamera. Kamera utamanya berukuran 108 MP lengkap dengan OIS, kamera ultra-wide 13 MP, dan kamera telephoto 50 MP yang memiliki kemampuan zoom optik 2x.

Pengguna dapat mengambil selfie hanya dengan menunjukkan tanda peace. Selain itu, terdapat teknologi AI Capture Fusion untuk memaksimalkan detail foto yang diambil.

HMD Skyline juga memiliki tombol khusus yang dapat diatur fungsinya. Misalnya, menekan dua kali tombol tersebut dapat digunakan sebagai pintasan ke game favorit, menavigasi Home, dan lain-lain.

Ponsel ini mengemas baterai berkapasitas 4.600 mAh yang dijanjikan dapat digunakan hingga 48 jam. Selain itu, ponsel ini juga mendukung pengisian cepat 33W menggunakan kabel dan pengisian nirkabel Qi.

HMD Skyline menjalankan Android 14, dan HMD menjanjikan pengguna akan mendapatkan dua kali pembaruan Android serta tiga tahun dukungan keamanan. Terdapat Detox Mode yang memungkinkan pembatasan notifikasi dan akses ke media sosial, sehingga pengguna bisa menyeimbangkan kehidupannya antara dunia maya dan nyata.

HMD Skyline hadir dalam balutan warna Neon Pink dan Twisted Black. Ponsel ini dijual dengan harga 499 euro atau sekitar Rp 8,8 juta untuk model 8/128 GB, dan 599 euro atau Rp 10,5 juta untuk versi 12/256 GB.

Karena mudah diperbaiki, pengguna juga dapat membeli suku cadang langsung dari pembuatnya. Layarnya dihargai USD 95 (Rp 1,5 juta); penutup baterainya USD 30 (Rp 485 ribu); baterainya sendiri USD 25 (Rp 404 ribu); dan port pengisian dayanya USD 20 (Rp 324 ribu). Pembelian pertama harus dilakukan dengan kit perbaikan iFixit dengan tambahan biaya USD 5 (Rp 80 ribu).

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua