Gadget

Galaxy A16 5G HP Murah Pertama Samsung yang Dapat Update Android 6 Kali

Samsung Galaxy A16 5G
Galaxy A16 5G jadi hp murah pertama Samsung yang dapat update Android 6 kali. (Foto: @GSMarena)

PasundanEkspres - Samsung Galaxy A16 5G secara tiba-tiba muncul di situs web Samsung Belanda, mengungkapkan seluruh spesifikasinya. Ponsel ini menjadi perangkat dengan harga terjangkau pertama dari Samsung yang akan menerima pembaruan sistem operasi hingga enam kali.

Seluruh ponsel flagship Samsung yang diluncurkan pada tahun 2024 akan mendapatkan pembaruan sistem operasi dan keamanan hingga tujuh tahun. Namun, untuk ponsel non-flagship, Samsung tampaknya akan memberikan pembaruan sistem operasi hingga enam tahun.

Galaxy A16 5G akan menerima pembaruan sistem operasi selama enam tahun dan pembaruan keamanan dalam jangka waktu yang sama. Karena menggunakan Android 14, ponsel ini diperkirakan akan mendapatkan pembaruan hingga Android 20 yang diproyeksikan rilis pada tahun 2030.

Samsung Galaxy A16 5G hadir dengan layar Super AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2340 piksel). Layar tersebut mendukung refresh rate 90Hz, dan Samsung mengklaim bahwa bezel pada perangkat ini dibuat lebih tipis.

Perangkat ini ditenagai oleh chipset Exynos 1330 yang dipasangkan dengan RAM 4GB serta penyimpanan internal 128GB. Samsung juga menyediakan slot microSD dengan kapasitas hingga 1,5TB, yang menjadi pertama kalinya pada seri Galaxy. Sebelumnya, semua ponsel Galaxy hanya mendukung penyimpanan eksternal hingga 1TB.

Galaxy A16 5G dilengkapi dengan tiga kamera belakang, yaitu kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 5 MP, dan kamera makro 2 MP. Kamera depan beresolusi 13 MP ditempatkan pada notch Infinity-U yang berbentuk seperti tetesan air, cocok untuk selfie dan panggilan video, sebagaimana dikutip dari SamMobile pada Selasa (8/10/2024).

Sama seperti ponsel Galaxy A series lainnya yang dirilis tahun ini, Galaxy A16 5G mengusung desain Key Island dengan tombol volume dan power yang sedikit menonjol. Dimensinya lebih tipis dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dengan ketebalan hanya 7,9 mm.

Galaxy A16 5G juga memiliki rating IP54 untuk ketahanan terhadap percikan air, namun sayangnya, jack headphone 3,5mm yang ada pada generasi sebelumnya telah dihilangkan. Ponsel ini hadir dalam beberapa pilihan warna, yaitu Blue Black, Light Gray, Gold, dan Light Green.

Meskipun Galaxy A16 5G belum diumumkan secara resmi, dan harganya juga belum tercantum di situs Samsung Belanda, harga dan ketersediaannya diperkirakan akan segera diumumkan. Kabar baiknya, Galaxy A16 5G sudah dipastikan akan rilis di Indonesia dalam waktu dekat karena telah mendapatkan sertifikasi TKDN dari Kemenperin.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua