Lifestyle

Tips Menghadapi Kemacetan saat Mudik Arus Balik, Kembali Pulang dengan Selamat!

Tips Menghadapi Kemacetan saat Mudik Arus Balik, Kembali Pulang dengan Selamat!
Tips Menghadapi Kemacetan saat Mudik Arus Balik, Kembali Pulang dengan Selamat! (Image From: Pexels/Stan)

PASUNDAN EKSPRES - Tips menghadapi kemacetan ini menjadi sesuatu yang akan kamu butuhkan dalam perjalanan. Kemacetan merupakan kondisi yang sangat mengganggu.

Seringkali kondisi tersebut membuat pengguna jalan merasa tidak nyaman, bahkan stres. Apalagi ketika menjelang atau setelah Lebaran Idul Fitri, banyak kendaraan yang memenuhi akses lalu lintas untuk melakukan mudik ke kampung halaman tercinta. Tentu, kondisi tersebut akan menyebabkan kemacetan yang sulit dihindari. 

Oleh karena itu, kamu membutuhkan tips menghadapi kemacetan yang akan dijelaskan di bawah ini. Kira-kira apa saja tipsnya? Simak rangkumannya di sini sampai selesai. 

Tips Menghadapi Kemacetan 

Berikut adalah beberapa tips menghadapi kemacetan yang bisa kamu lakukan. 

Merencanakan Waktu Keberangkatan 

Tips menghadapi kemacetan adalah dengan merencanakan waktu keberangkatan. Kamu harus bisa menjadwalkan keberangkatan mudik kamu dengan memilih jadwal mudik yang tepat untuk menghindari risiko kemacetan yang parah.

Misalnya, kamu bisa menghindari jam-jam sibuk, seperti malam sebelum Lebaran. Kamu juga bisa memilih berangkat lebih awal atau lebih lambat dari jadwal mudik kebanyakan orang. 

Menyiapkan Bekal Makanan

Tips berikutnya adalah dengan menyiapkan bekal makanan. Dalam perjalanan mudik yang dilanda kemacetan, tentu terkadang kita merasa lapar dan membutuhkan sesuatu yang masuk ke dalam perut kita.

Tapi, kita kesulitan untuk menemukan rest area atau lokasi tempat makan yang tepat di saat terjebak macet. Maka dari itu, pentingnya menyiapkan bekal makanan sebelum kamu pergi. Kamu bisa menyiapkan camilan ringan yang bisa dimakan ramai-rami dengan keluargamu atau bahkan teman-teman.

Mengenali Waktu-waktu atau Rute Rawan Macet

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan mengenali waktu-waktu atau rute yang rawan macet. Cara tersebut bisa kamu lakukan sebelum berangkat untuk mudik ke kampung halaman.

BACA JUGA:Referensi Ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri 2024 Penuh Keberkahan

BACA JUGA:Jelang Arus Balik Mudik, Ini Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Tegal yang Bisa Dibawa Pulang Mudik

Dengan kamu yang sudah tahu waktu atau rute yang biasa terjadi saat rawan macet, setidaknya kamu bisa menghindari kepadatan lalu lintas yang parah.

Melakukan Carpooling

Tips menghadapi kemacetan saat mudik yang berikutnya adalah melakukan carpooling. Carpooling merupakan budaya untuk bergantian mengemudi jika menggunakan kendaraan pribadi.

Saat mudik yang dipadati oleh beragam kendaraan yang membuat diri stres, ada baiknya kamu istirahat dan melakukan carpooling dengan keluarga yang bisa mengemudi atau teman. Hal tersebut bisa membantu kamu untuk mengatasi stres dan rasa lelah yang berlebihan akibat macet.

Nah, itulah mengenai tips menghadapi kemacetan yang bisa kamu terapkan. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

Berita Terkait