Lifestyle

9 Amalan Saat Haid Bagi Wanita di Bulan Puasa, Praktikan Yuk!

9 Amalan Saat Haid Bagi Wanita di Bulan Puasa, Praktikan Yuk!
ilustrasi selawat pada Allah SWT (pexels.com/RODNAE Productions)

PASUNDAN EKSPRES - Amalan saat haid bagi wanita di bulan puasa menjadi salahs atu cara terbaik agar tetap produktif selama ramadan. 

Seperti yang diketahui, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan wanita selama haid, seperti salat, puasa, dan tawaf. 

Eitsss, bukan berarti wanita tidak bisa tetap produktif beribadah selama bulan puasa, ya. Berikut beberapa amalan saat haid bagi wanita di bulan puasa. 

1. Mendengarkan ayat Al-Qur'an dan Mendengarkan Kajian

“Bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia, dan penjelasan-penjelasan tentang petunjuk itu, dan Pembeda (hak dan kesalahan).” QS [Al-Baqarah: 185]

Meski gak bisa mengaji, perempuan yang sedang haid tetap dapat mendengarkan Al-Qur’an, kok. Selain mendengarkan lantunan ayat suci, dia bisa sambil membaca terjemahan Al-Qur’an dan mempelajari maknanya. Dengan ini, dia bisa sambil mempelajari apa yang dimaksud dalam kitab suci ditambah dengan buku-buku ibadah untuk memperkuat pemahaman.

2. Berdzikir dan Berdoa

Berdzikir dan berdoa merupakan amalan yang mudah dilakukan dan memiliki banyak manfaat. Wanita yang haid dapat memperbanyak berdzikir dan berdoa memohon kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan, kemudahan, dan kelancaran dalam segala hal.

3. Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu tidak mengenal waktu dan tempat. Saat haid, wanita dapat memanfaatkan waktu untuk belajar dan menuntut ilmu. Wanita dapat mengikuti kelas online, membaca buku, menonton video edukasi, atau mengikuti kajian online.

BACA JUGA:Lengkap! Jadwal Imsakiyah Daerah Subang Ramadhan 2024, Pdf Resmi

4. Beramal Sholeh

Meskipun tidak bisa salat dan puasa, wanita tetap bisa beramal sholeh dengan cara lain. Wanita dapat membantu pekerjaan rumah tangga, memberikan sedekah, atau melakukan kebaikan lainnya.

5.  Selawat dan pujian pada Allah serta Nabi Muhammad SAW   

Ibadah yang dapat dilakukan perempuan ketika haid di bulan Ramadan adalah selawat. Selawat merupakan bukti cinta hamba pada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Selawat merupakan sebab turunnya rahmat, pahala, dan pengampuan dari Allah SWT.

BACA JUGA:5 Amalan Berpahala Besar yang Bisa Dilakukan Selama Bulan Ramadhan

6. Perbanyak doa

Bulan Ramadan adalah bulan penuh rahmat di mana doa dan hajat lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT. 

Amalan yang satu ini tentu dapat dikerjakan oleh siapa saja dan kapan saja. Doa menjadi bentuk ikhtiar serta cara manusia agar bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.

Nabi berkata tentang Ramadan, “Sesungguhnya, Allah membebaskan manusia (dari api neraka) di setiap hari dan setiap malam dan untuk setiap Muslim di antara mereka ada doa yang akan dijawab.” [Ahmad].

BACA JUGA:Apa Boleh Sholat Tahajud Dilakukan Setelah Sholat Terawih? Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah

7. Bersikap baik orang lain 

Menggunakan waktu untuk memperbaiki hubungan yang sempat renggang juga menjadi amalan yang baik dilakukan ketika bulan Ramadan. Bersikap baik ini dapat dilakukan pada pasangan, orang tua, anak, saudara, teman, atau tetangga.

8. Perbanyak bertaubat 

Sahabat Salman al-Farasi meriwayatkan Rasulullah mengatakan dalam khotbah yang diberikan pada hari terakhir Sya'ban perihal Ramadan, 

“… Ini adalah bulan (di mana) yang pertama adalah rahmat, dan di tengahnya adalah pengampunan, dan yang terakhir adalah pengampunan dari Neraka…” [Sahih ibn Khuzayma; Sayuti, al-Jami’ al-Kabir; Bayhaqi, Shi'b al-Iman].

9.Memberi makan orang yang berpuasa 

Nabi SAW juga mengatakan dalam khotbah mengatakan, "...Barangsiapa memberi makan orang puasa di (bulan Ramadhan), baginya adalah pengampunan dosa-dosanya dan membebaskan lehernya dari neraka ..." [Sahih ibn Khuzayma; Sayuti, al-Jami’ al-Kabir; Bayhaqi, Shi'b al-Iman]

Meskipun tidak bisa berpuasa dan salat, wanita yang haid tetap bisa mendapatkan pahala dan keberkahan di bulan Ramadhan. Lakukanlah amalan-amalan di atas sesuai dengan kemampuan dan kondisi masing-masing, ya!

(nym)  

Berita Terkait