Nasional

Lulusan SMA Taruna Nusantara untuk Kandidat Menteri Prabowo-Gibran

Lulusan SMA Taruna Nusantara untuk Kandidat Menteri Prabowo-Gibran
Lulusan SMA Taruna Nusantara untuk Kandidat Menteri Prabowo-Gibran (Image From: Radar Gresik)

PASUNDAN EKSPRES - Menjelang pelantikan presiden pada Oktober 2024, isu tentang siapa saja yang akan menduduki kursi menteri dalam kabinet calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka semakin menarik perhatian publik.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah kemungkinan hadirnya lulusan SMA Taruna Nusantara sebagai menteri dalam kabinet pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Lulusan SMA Taruna Nusantara untuk Kandidat Menteri 

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, menyatakan bahwa dirinya telah mengetahui susunan kabinet yang akan dibentuk oleh presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

BACA JUGA: Ini Dia Bocoran Menteri Kabinet Prabowo-Gibran, Siapa Saja?

BACA JUGA: Buka Pertemuan Puncak Internasional Pertama tentang Tanah Ulayat, Menteri AHY: Kita Lindungi Masyarakat Adat

Ia mengungkapkan bahwa akan ada empat kursi menteri yang diisi oleh alumni SMA Taruna Nusantara, Magelang, di mana SMA Taruna Nusantara telah menjadi sekolah yang melahirkan lulusan terbaiknya.

Namun, ia enggan memberi tahu siapa saja nama-nama yang disebutkannya itu. Ia telah berjanji kepada Prabowo bahwa ia tidak boleh membocorkannya kepada publik. 

Saat ini, struktur Partai Gerindra diisi oleh sejumlah alumni dari SMA yang didirikan oleh mantan Panglima TNI dan Menteri Pertahanan di era Orde Baru, Leonardus Benjamin (LB) Moerdani. Selain itu, terdapat juga beberapa lulusan SMA Taruna Nusantara yang berada di dekat Prabowo.

Siapa saja? Berikut di antaranya: 

Agus Harimurti Yudhoyono 

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang merupakan Ketua Umum Partai Demokrat berpeluang untuk menjadi salah satu menteri di kabinet Prabowo-Gibran. AHY adalah alumni SMA Taruna Nusantara angkatan ke-5, di mana ia pernah menjabat sebagai ketua OSIS dan dinobatkan sebagai lulusan terbaik di angkatannya.

Saat ini, AHY telah menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Dalam kampanye Pilpres 2024, Prabowo secara terbuka pernah menyatakan bahwa ia akan memberikan posisi strategis kepada AHY jika berhasil memenangkan pemilihan.

Sudaryono 

Sudaryono adalah alumni angkatan pertama SMA Taruna Nusantara dan merupakan bagian dari Kesatria Jedi, tim pemenangan Prabowo di Pilpres 2014 yang beranggotakan anak-anak muda. Selain itu, ia pernah menjabat sebagai sekretaris pribadi (sespri) Prabowo. Saat ini, Sudaryono telah menjadi bagian dari Kabinet Indonesia Maju sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan).

Sugiono 

Berikutnya adalah Sugiono. Sugiono merupakan alumni angkatan ke-5 SMA Taruna Nusantara. Saat ini, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. Pada Pilpres 2014, Prabowo memperkenalkan Sugiono sebagai salah satu anggota tim kampanye yang berisi anak-anak muda, yang disebut sebagai Kesatria Jedi.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, pernah menyampaikan kemungkinan bahwa Sugiono akan bergabung dalam kabinet Prabowo. Dalam acara pelantikan Amir Uskara sebagai Wakil Ketua MPR RI pada 8 Maret 2024, Bamsoet menyebut Sugiono sebagai calon Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab).

Prasetyo Hadi

Satu angkatan di bawah Sugiono dan AHY adalah Prasetyo Hadi, alumni angkatan ke-6 SMA Taruna Nusantara. Saat ini, Prasetyo Hadi menjabat sebagai Ketua Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) DPP Partai Gerindra dan juga sebagai anggota Komisi II DPR RI.

Saat ini, Prasetyo Hadi, bersama dengan Sugiono, merupakan bagian dari struktur kepemimpinan Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN). Prasetyo Hadi menjabat sebagai Wakil Ketua LPTTN, sementara Sugiono menjabat sebagai Ketua.

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua