News

Mengenal Mudikpedia, E-book Panduan Mudik Lebaran 2024 Terbitan Kominfo

Mengenal Mudikpedia, E-book Panduan Mudik Lebaran 2024 Terbitan Kominfo
Kominfo menerbitkan e-book mengenai panduan mudik Lebaran 2024 yang bernama Mudikpedia. (Foto: e-book Mudikpedia)

PASUNDAN EKSPRES - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerbitkan e-book mengenai panduan mudik Lebaran 2024 yang bernama Mudikpedia.

Tujuan Kominfo menerbitkan e-book ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin mudik dengan berbagai informasi dan panduan melalui Mudikpedia.

Upaya Kominfo merilis Mudikpedia lantaran diprediksi jumlah pemudik pada tahun 2024 akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan yang menyatakan pergerakan masyarakat selama periode Lebaran Idulfitri 2024 kemungkinan mencapai 193,6 juta orang.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong mengatakan, Mudikpedia diharapkan menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan slogan Angkutan Lebaran 2024 yaitu "Mudik Ceria, Penuh Makna".

"Buku elektronik ini melanjutkan kerja tim komunikasi publik yang sudah dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini untuk memberikan panduan kepada masyarakat yang akan mudik. Semua informasi yang dibutuhkan telah dirangkum dalam booklet ini," ucap Usman dalam keterangan resminya di di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (27/03).

Adapun, Mudikpedia hadir dengan konsep living document di mana konten akan diperbarui terus menerus.

Bahkan, e-book ini tersedia pantauan lalu lintas secara langsung melalui CCTV di beberapa lokasi serta mencari lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan, lokasi rest area, rumah makan, pom bensin, dan lain-lain.

"Tentu pemudik perlu mendapat informasi saat akan melakukan perjalanan. Penjelasan dalam buku elektronik ini lengkap, sehingga mereka bisa menentukan, misalnya kapan dan melalui jalur mana saat mudik. Masyarakat bisa memantau lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan, rest area, pom bensin terdekat, rumah makan, dan posko kesehatan," ujarnya.

Bagi pemudik yang ingin mengunduh e-book Mudikpedia ini, dapat mengakses secara langsung melalui tautan https://s.id/mudikpedia, kemudian pemudik dapat mengunduh e-book Mudikpedia serta menikmati fitur lainnya dalam situs Mudikpedia.

Selain menyediakan e-book mengenai panduan mudik Lebaran 2024, situs Mudikpedia juga menyediakan berbagai fitur seputar informasi mudik sebagai berikut.

1. Nomor-nomor penting

2. Info Mudik Bina Marga

3. Pantau Lalu Lintas

4. Mudik Gratis

5. Pesan Tiket KAI dan Kapal Ferry

6. Cek Tarif Tol BPJT PU

7. Daftar SPKLU PLN untuk Lebaran 2024

8. Prakiraan Cuaca Mudik BMKG

9. Posko THR 2024

10. Tukar Uang Lebaran Bank Indonesia

 

Itulah informasi mengenai e-book Mudikpedia serta berbagai fitur dalam situs Mudikpedia yang bisa digunakan untuk mudik Lebaran 2024. (inm)

Berita Terkait