Tekno

Snapdragon 8 Elite Tawarkan Performa 50% Lebih Kencang!

Snapdragon 8 Elite
Snapdragon 8 Elite tawarkan performa 50% lebih cepat di bandingkan Snapdragon 8 Gen3. (Foto: Smartprix)

PasundanEkspres - Qualcomm akan segera meluncurkan chipset terbaru mereka, Snapdragon 8 Elite. Meskipun belum secara resmi diumumkan, performa dari chipset ini diperkirakan akan mengesankan.

Chipset ini disebut-sebut akan membawa peningkatan performa yang sangat signifikan, hampir 50% lebih tinggi dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 8 Gen 3, berdasarkan hasil pengujian benchmark AnTuTu.

OnLeaks dan Smartprix telah membagikan hasil skor AnTuTu dari Snapdragon 8 Elite yang mencapai 3.025.991. Pengujian ini dilakukan menggunakan perangkat Realme GT7 Pro.

Perangkat tersebut kemungkinan besar akan menjadi salah satu yang pertama diluncurkan dengan SoC terbaru ini. Namun, ada juga kemungkinan besar bahwa peluncurannya akan didahului oleh Xiaomi 15 atau OnePlus 13.

Sebagai perbandingan, OnLeaks dan Smartprix melaporkan bahwa Snapdragon 8 Gen 3 hanya memperoleh skor sebesar 1.651.728. Peningkatan ini tentu menjadi berita baik bagi para gamer dan pengguna smartphone yang menginginkan pengalaman mobile yang lebih kuat dan responsif.

Hasil Benchmark
Hasil Benchmark-(Foto: @Onleaks x @Smartprix)

Sebelumnya, bocoran informasi mengungkapkan bahwa Snapdragon 8 Elite akan diproduksi menggunakan proses fabrikasi 3nm dari TSMC, yang menjanjikan efisiensi daya dan performa yang lebih baik. Chipset ini akan memiliki delapan inti, terdiri dari dua core untuk performa tinggi dan enam core untuk efisiensi. Qualcomm juga diyakini telah mengadopsi arsitektur Nuvia in-house.

Sebagai informasi tambahan, Nuvia merupakan perusahaan yang didirikan oleh mantan insinyur Apple dan diakuisisi oleh Qualcomm pada tahun 2021. Bahkan, seri chip laptop Snapdragon X dari Qualcomm juga menggunakan arsitektur ini.

Dalam bocoran hasil uji Geekbench dari Digital Chat Station, Snapdragon 8 Elite berhasil meraih skor yang sangat impresif. Pada pengujian single-core, chipset ini mencatatkan skor 3.236, sementara pada pengujian multi-core, skor yang diraih adalah 10.049.

Meski demikian, hasil akhir dari kinerja Snapdragon 8 Elite masih harus menunggu pengumuman resmi dari Qualcomm, yang direncanakan akan dilakukan pada 21 Oktober mendatang.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua