Tekno

Menurut Apple, Kapasitas 128GB di iPhone Masih Cukup Memadai

Kapasitas Memori iPhone
Menurut Apple kapasitas 128GB untuk iPhone sudah lebih dari cukup. (screenshot iPhone 15 @apple.com)

PASUNDAN EKSPRES - Dibandingkan dengan pesaingnya, Apple cenderung konservatif dalam menyediakan ruang penyimpanan untuk produk ponselnya. Hingga tahun ini, mereka tetap mempertahankan kapasitas penyimpanan sebesar 128GB untuk varian ponsel terkecilnya.

Selama setidaknya tiga tahun terakhir, Apple telah meneguhkan pilihan kapasitas ini - setelah sebelumnya mengadopsi 64GB. Namun, dalam penilaian Apple yang terungkap dalam iklan terbarunya, mereka menyatakan bahwa 128GB adalah kapasitas yang masih mencukupi, seperti dilansir dari Apple Insider pada Rabu (20/3/2024).

BACA JUGA:Transparansi Konten AI, YouTube Berlakukan Aturan Baru!

Dalam video iklan singkat berdurasi 30 detik tersebut, seorang pria digambarkan sedang berpikir keras untuk menghapus sejumlah foto dari perangkat iPhone-nya. Namun, foto-foto tersebut terlihat "bernyanyi" dengan judul video "don't let go".

Kemudian, pria tersebut memutuskan untuk tidak menghapus foto-foto tersebut, dan pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa iPhone 15 memiliki kapasitas penyimpanan yang memadai untuk menampung banyak foto.

Salah satu keluhan utama pengguna iPhone - selain masalah daya tahan baterai - adalah keterbatasan kapasitas penyimpanan pada varian termurahnya. Penyediaan kapasitas minimal ditingkatkan dari 64GB menjadi 128GB saat iPhone 13 diluncurkan pada 2021, dan naik dari 32GB menjadi 64GB saat iPhone X diperkenalkan pada 2018.

Jika melihat tren siklus tiga tahun ini, seharusnya kapasitas penyimpanan terendah untuk iPhone 16 akan ditingkatkan menjadi 256GB. Namun, Apple justru mengedepankan kampanye bahwa 128GB sudah mencukupi.

Penting untuk dicatat bahwa 128GB pada iPhone untuk pengguna biasa mungkin akan terisi separuh oleh aplikasi saja. Ini berarti hanya tersisa separuhnya lagi untuk foto atau video. Solusi yang ditawarkan adalah iCloud, yang juga merupakan sumber pendapatan bagi Apple.

Apple memberikan 5GB iCloud secara cuma-cuma, namun jelas itu tidak mencukupi. Jadi, pengguna harus membayar untuk memperoleh kapasitas yang lebih besar di iCloud. Jika tidak, solusi lainnya adalah menghapus aplikasi yang tidak terpakai atau foto-foto lama.

BACA JUGA:Bocoran Jadwal Rilis iPhone SE 4, Vision Pro Murah, dan iPad Lipat yang Menarik Perhatian

Meskipun demikian, hal ini bukan berarti tidak ada iPhone dengan kapasitas penyimpanan besar, karena ada varian iPhone yang menawarkan 1TB. Namun, harganya tentu jauh lebih tinggi, dengan selisih sekitar USD 700 dari varian termurahnya.

Mungkin, uang sebanyak itu lebih baik digunakan untuk berlangganan layanan iCloud+ dengan kapasitas 2TB selama hampir enam tahun.

Berita Terkait