Tekno

WhatsApp Mengganti Warna Centang Verifikasi Menjadi Biru

Whatsapp ubah warna cetang verifikasi dari hijau ke biru
Whatsapp ubah warna cetang verifikasi dari hijau ke biru. (screenshot @wabetainfo.com)

PasundanEkspres - Akun dan channel resmi di WhatsApp sebelumnya memiliki centang hijau sebagai tanda verifikasi keasliannya. Kini, tanda verifikasi tersebut mulai berubah menjadi centang biru, sehingga pengguna diharapkan tidak salah paham.

Perubahan tersebut dilaporkan oleh WABetaInfo yang ditemukannya pada WhatsApp beta untuk Android denngan versi 2.24.14.18. Tanda verifikasi centang biru ini sudah dapat dilihat oleh beberapa beta tester yang mengunduh WhatsApp beta versi terbaru.

Seperti yang terlihat pada tangkapan layar di bawah ini, tanda verifikasi yang ada di samping nama channel WABetaInfo berubah menjadi biru. Centang biru pun bakal diberikan untuk akun resmi dan bisnis yang telah terverifikasi.

Perlu dicatat bahwa centang biru tetap menandakan keaslian sebuah akun WhatsApp, sama seperti centang hijau saat ini. Oleh karena itu, pengguna diharapkan tidak keliru ketika perubahan ini telah resmi diumumkan.

Centang verifikasi tersebut memberikan kepastian pada para pengguna bahwa mereka sedang berinteraksi dengan channel atau akun bisnis yang resmi. Mengingat banyaknya penipuan di WhatsApp yang mengatasnamakan institusi seperti bank, centang verifikasi ini sangat berguna untuk membedakan akun asli dan penipu.

Belum diketahui alasan WhatsApp dan Meta mengganti warna centang verifikasi ini. Kemungkinan mereka ingin menyamakan identitas visual di semua aplikasi Meta karena Instagram dan Facebook juga menggunakan centang biru untuk tanda verifikasi.

Warna centang biru yang familiar juga kemungkinan akan meningkatkan kepercayaan pengguna karena warna tersebut sudah terkait dengan keaslian dan keamanan di seluruh ekosistem Meta, seperti dilansir dari WABetaInfo pada Senin (8/7/2024).

Perubahan warna centang verifikasi yang berwarna hijau menjadi biru tersebut dilaporkan tak lama setelah WhatsApp merilis layanan Meta Verified untuk akun bisnis di platform-nya. Layanan tersebut memungkinkan akun bisnis mendapatkan tanda verifikasi dan berbagai fitur lainnya.

Centang biru untuk channel dan bisnis yang telah terverifikasi sudah tersedia buat beberapa beta tester. Fitur ini bakal bisa diakses oleh lebih banyak pengguna WhatsApp dalam beberapa minggu ke depan.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua