Daerah

Komitmen Bawaslu dan PWI Subang, Sinergi Tingkatkan Partisipasi Pengawasan Pilkada

Bawaslu dan PWI Subang
Ketua Bawaslu Subang Achmad Mansur beserta jajaran bersama Ketua PWI Subang Zaenal Muttaqin dan jajarannya usai audensi di aula Bawaslu Subang, Senin (4/6).(Dadan Ramdan/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Guna peningkatan partisipasi pilkada serentak di Subang tahun 2024 ini yang oleh KPU Subang ditargetkan 80 persen, Bawaslu Subang menyambut baik hal itu. Bawaslu akan meningkatkan peran partisipasi pengawasan masyarakat di Pilkada Subang ini, yang sudah memasuki tahapan perencanaan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Ketua Bawaslu Subang Achmad Mansur saat audiensi bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Subang, di aula Bawaslu, Senin (4/6). 

Audensi PWI dengan Bawaslu tersebut, menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri dan PWI Pusat, dimana diintrukaikan kepada PWI Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia untuk bekerjasama dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini penyelenggara pilkada serentak yaitu KPU dan Bawaslu, dalam hal sosialisasi, edukasi dan literasi terkait pilkada guna  meningkatkan partisipasi pemilih dan juga peran partisipasi pengawasan masyarat pada penyelenggaraan pilkada ini. 

Dalam audensi tersebut, Achmad Mansur Ketua Bawaslu Subang didampingi dua Komisioner Cucu Kodir dan Jamal menyampaikan beberapa hal soal stabilitas penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2024 ini, khususnya di Kabupaten Subang. 

Menurutnya, berkaitan soal soal sosialisasi, edukasi dan literasi pilkada serentak ini,  pihaknya mengambut baik soal itu.Tetapi lanjutnya, perlu diketahui bersama ada perbedaan corak antara Bawaslu dan KPU berkaitan soal sosialisasi yang dimaksud. 

Mengapa demikian, karena yang membuat schedule tahapan pilkada serentak adalah KPU, Bawaslu hanya melakukan pengawasan berkaitan soal semua tahapan penyelenggaraannya. 

"Jadi soal sosialisasi dan edukasi tadi, berbeda corak dengan KPU, peran Bawaslu dalam sosialisasi itu, bagaimana meningkatkan peran partisipasi pengawasan  masyarakat, pada pilkada serentak ini, menuju pilkada yang aman lancar dan damai," kata Mansur sapaan akrabnya. 

Oleh karena itu sangat tepat bila PWI pun ikut beperan dan berkontribusi dalam hal peningkatan partisipasi pengawasan masyarakat pada Pilkada Serentak tahun ini. Terutama mencegah timbulnya berita hoax. 

"Mari kita bersama sama mengawasi penyelenggaraan pilkada serentak ini, dalam hal meningkatkan peran partisipasi pengawasan masyarakat, menuju pilkada yang jujur dan adil, " tuturnya. 

Berkaitan soal besar anggaran, Achmad Mansur menyebut, bahwa anggaran Bawaslu untuk pilkada Subang ini sebesar Rp17,3 miliar. 

Selanjutnya, Ahmad Mansur, juga meminta kepada media dalam hal ini PWI, untuk memunculkan kualitas pemberitaan yang berkualitas, narasi yang baik dan juga konten-konten medsos yang bersifat meningkatkan peran partisipasi pengawasan masyarakat pada pesta demokrasi pilkada serentak tahun 2024 ini, menuju  stabilitas penyelenggaraan pilkada yang ber legitimate. 

Sementara itu, Ketua PWI Subang Zaenal Muttaqin didampingi Sekretaris nya H. Yaman Suryaman mengucapkan terimakasih atas sambutan yang hangat dari Ketua Bawaslu Subang Achmad Mansur beserta jajaran.

Intinya PWI siap mendukung program Bawaslu berkaitan dsngan sosialisasi peningkatan peran partisipasipatif pengawasan masyarakat pada penyelenggaraan dan semua tahapan pilkada serentak tahun  2024 di Kabupaten Subang. 

"Terimakasih atas audensi ini, dan kami PWI Subang, siap mendukung program Bawaslu, dan semoga pilkada ini berjalan dengan lancar, aman, damai dan kondusif, " tukasnya.(dan/ysp)

 

Berita Terkait