Daerah

MAN Purwakarta Gelar Festival Demokrasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purwakarta
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purwakarta mengadakan Festival Demokrasi , Rabu (9/10). (Maldiansyah/Pasundan ekspres)

PURWAKARTA – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purwakarta mengadakan Festival Demokrasi sebagai bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Rabu, (9/10). 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan nilai-nilai demokrasi kepada peserta didik.

Festival Demokrasi yang diinisiasi oleh pengurus OSIS MAN Purwakarta ini diadakan di Aula Fatimah Azz-Zahra, dengan menghadirkan narasumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purwakarta, Oyang Este Binos, serta akademisi dari Universitas Mandiri Subang, Dinda Nurul Aeni. 

Kepala MAN Purwakarta, H. Wahyudin, menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi kurikulum merdeka, yang memadukan Profil Pelajar Pancasila dengan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.

“Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin merupakan dua profil yang harmonis, saling melengkapi untuk menciptakan pelajar Indonesia yang unggul,” ujar Wahyudin.

Kegiatan ini juga diadakan sebagai bentuk edukasi menjelang Pilkada 2024, dengan menekankan pentingnya keterlibatan generasi muda dalam politik. Wahyudin berharap siswa-siswi MAN Purwakarta dapat memahami peran mereka sebagai warga negara yang bertanggung jawab.

“Festival Demokrasi ini bertujuan meningkatkan literasi politik di kalangan pelajar agar mereka menjadi agen perubahan yang sadar akan hak dan tanggung jawabnya dalam mengawal demokrasi berkualitas,” tambah Wahyudin.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Purwakarta, Oyang Este Binos, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut. Menurutnya, ini sejalan dengan program sosialisasi KPU dalam tahapan Pilkada 2024 yang sedang berlangsung.

"Kami proaktif menyampaikan informasi tahapan Pilkada kepada pelajar, terutama pemilih pemula, agar tingkat partisipasi di Pilkada serentak nanti meningkat," ujar Binos.(mas)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua