Kesehatan

Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Wajah, Jangan Asal Pakai

Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Wajah, Jangan Asal Pakai
(dok.pexels.com/Gustavo Fring)

PASUNDAN EKSPRES - Kandungan skincare untuk mencerahkan wajah umumnya mengandung bahan aktif yang mampu mengangkat dan meregenerasi sel-sel kulit mati. Selain itu, kandungan untuk masalah kulit ini biasanya berperan dalam menekan produksi zat yang menyebabkan kulit tampak kusam dan gelap.

Kulit kusam dan gelap umumnya muncul akibat penumpukan sel kulit mati. Masalah kulit yang satu ini juga bisa disebabkan oleh dehidrasi kulit, kulit kering, kebiasaan merokok, proses penuaan kulit, paparan sinar UV berlebih, dan kurang tidur.

BACA JUGA:Skincare untuk Mengecilkan Pori Pori di Wajah, Gunakan Serum

1. Vitamin C
Vitamin C adalah salah satu kandungan yang paling sering ditemukan pada skincare untuk kulit kusam dan gelap. Hal ini karena vitamin C mampu menghambat produksi melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna pada kulit. Nah, makin sedikit kadar melanin, maka makin cerah pula warna kulit wajah.

2. Niacinamide
Niacinamide juga kerap terkandung dalam skincare untuk kulit kusam dan gelap karena dapat mencerahkan kulit. Cara kerja niacinamide dalam mengatasi kulit kusam dan gelap sebenarnya hampir sama dengan vitamin C, yaitu dengan menekan produksi melanin, sehingga kulit wajah pun tampak lebih cerah.

BACA JUGA:Beredar Info Pandemi Covid-19 Disebut Rekayasa, Kemenkes Bantah Keras

3. Asam azaleat
Penggunaan skincare yang mengandung asam azaleat atau azelaic acid cukup direkomendasikan bagi orang yang mengalami masalah kulit kusam dan gelap. Ini karena asam azaleat mampu mencerahkan kulit dengan menghambat kerja tirosinase, yaitu enzim yang berperan dalam pembentukan melanin. 

4.  AHA
Banyak skincare untuk kulit kusam dan gelap yang memasukkan kandungan AHA (alpha hydroxy acid) di dalam produknya. Ini karena AHA dapat mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel kulit, sehingga kulit kusam dan gelap pun dapat kembali cerah.

BACA JUGA:Skincare untuk Kulit Berminyak dan Kandungannya

5. Retinol
Sama halnya dengan AHA, retinol juga dapat mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Hal ini membuat penggunaan skincare dengan kandungan ini bisa mengatasi kulit kusam dan gelap. Jika digunakan secara rutin, kulit pun dapat terlihat lebih cerah dan halus. 

6. Ceramide
Ceramide merupakan salah satu jenis asam lemak yang dapat ditemukan secara alami di sel-sel kulit. Namun, seiring berjalannya usia, jumlah ceramide pada kulit bisa berkurang hingga akhirnya membuat kulit menjadi kusam dan gelap.

(nym) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua