Lifestyle

Cara Membuat Telur Barendo Khas Padang yang Memikat Hati, Crispy Banget!

Cara Membuat Telur Barendo Khas Padang yang Memikat Hati, Crispy Banget!
Cara Membuat Telur Barendo Khas Padang yang Memikat Hati, Crispy Banget! (Image From: Freepik)

PASUNDAN EKSPRES - Cara membuat telur barendo khas Padang bisa kamu temukan di sini. Telur menjadi salah satu makanan yang mudah untuk diolah menjadi apa pun. Telur juga disukai oleh banyak orang.

Salah satu hidangan telur yang tengah digandrungi ini adalah Talua Barendo atau telur berenda yang merupakan olahan telur dadar yang menggunakan banyak bumbu.

Cara Membuat Telur Barendo Khas Padang 

Telur dadar ini pasti sering kamu temui di rumah makan Padang. Sekilas telur dadar Padang ini mirip dengan telur dadar khas Thailand, yaitu Khai Jiao yang mempunyai tekstur renyah di pinggiran, dan lembut di tengah. 

Kamu bisa, kok membuat olahan telur barendo ini di rumah, tanpa harus jauh-jauh ke Padang. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan, seperti bawang putih, bawang merah, daun kunyit, telur bebek, cabai merah yang sudah dihaluskan, garam, kaldu ayam bubuk, dan minyak goreng.

Jika semua bahan sudah disiapkan, kamu bisa langsung memasaknya saja. Pertama kamu bisa mengiris halus bawang putih, daun kunyit, kemudian bawang merah. Jika sudah, tambahkan bumbu iris ke dalam wadah.

BACA JUGA: 5 Ide Buah Tangan untuk Menjenguk Orang Sakit yang Dijamin Bikin Sehat Kembali

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Menu Buka Puasa yang Menggugah Selera, Auto Gak Mau Berhenti Ngunyah

Lalu, pecahkan telur bebek, tambahkan cabai halus, kaldu bubuk, dan garam. Aduk sebuah bahan tersebut sampai merata, jika sudah, sisihkan sebentar. 

Langkah selanjutnya adalah memanaskan minyak goreng yang banyak di dalam wajan besi cekung. Kemudian tuangkan campuran telur ke dalam minyak panas secara melingkar.

Masak sampai telur terlihat berenda atau berserabut, dan berwarna coklat. Jangan lupa balikkan. Masak telur sembari disiram-siram minyak sampai matang. Jika sudah matang, angkat, dan tiriskan. 

Nah, hidangan telur barendo khas Padang sudah bisa kamu sajikan. 

Sebelum memulai proses memasak, penting banget buat kamu untuk mengocok telur dengan baik sampai menghasilkan busa. Hal tersebut akan membantu mengurangi kepadatan telur dan menciptakan tekstur yang lebih ringan di bagian tengahnya.

Nah, itulah mengenai cara membuat telur barendo khas Padang yang super krispy dan lezat. Semoga berhasil, ya! (ipa)

Berita Terkait