Nasional

Jelang Akhir Tahun Kereta Cepat Whoosh Capai 1 Juta Penumpang

Kereta Cepat Whoosh pertama kali dioprasikan pada tanggal 17 Oktober 2023 lalu, dan saat ini penumpang kereta cepat sudah capai 1 juta menjelang akhir tahun. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Kereta Cepat Whoosh pertama kali dioprasikan pada tanggal 17 Oktober 2023 lalu, dan saat ini penumpang kereta cepat sudah capai 1 juta menjelang akhir tahun. 

Mentri Perhubungan Budi Karya Sumandi mengatakan, animo yang tinggi dari masyarakat menandakan Kereta Cepat Whoosh sudah menjadi kebutuhan masyarakat. 

"Alhamdulillah animo masyarakat untuk menggunakan kereta cepat sangat tinggi. Whoosh hadir untuk menjawab kebutuhan konektivitas antar wilayah yang cepat, aman, selamat, dan nyaman,” ujarnya

Kereta Cepat Whoosh ini menjadi salah satu layanan kereta cepat pertama yang ada di Indonesia dan Asia Tenggara. Bahkan kehadiran kereta cepat ini bisa mensejajarkan Negara Indonesia dengan Negara Maju lainnya. 

"Kehadiran kereta cepat telah menempatkan Indonesia melaju sejajar dengan negara maju," kata Menhub.

"Transformasi dan inovasi yang telah diupayakan, kini telah dinikmati manfaatnya secara nyata," imbuhnya.

Menhub juga mengatakan, kehadiran kereta cepat tidak hanya memenuhi kebutuhan transportasi, tetapi juga memberikan efek ekonomi baru, membuka lapangan pekerjaan, adanya alih teknologi yang dapat meningkatkan kualitas SDM Nasional. 

"Saya mengapresiasi PT KCIC atas capaian ini, semoga pelayanan yang diberikan semakin baik kedepannya," papar Menhub.

"Saya juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari masyarakat yang telah menggunakan Whoosh. Naik Whoosh lebih cepat, tidak macet di jalan, dan mengurangi polusi," tambahnya.

Berdasarkan data dari PT KCIC dari sistem 17 Oktober sampai dengan 25 Desember 2023, Kereta Cepat Whoosh mulai melayani 1.028.216 orang. 

Untuk harian terbesar yang dilayani oleh Kereta Cepat Whoosh ialah mencapai 21.500 penumpang perharinya. 

Rute Kereta Cepat Whoosh yakni Jakarta-Bandung dan melayani empat stasiun antara lain Halim, Karawang, Padalarang serta Tegalluar.

Untuk Pembelian tiketnya kamu bisa melalui situs resmi ticket.kcic.co.id, ticket vending machine (TVM), loket, Access by KAI, Livin by Mandiri, hingga BRImo.

Berita Terkait