News

Perbandingan Menteri Wanita di Kabinet Prabowo dan Jokowi

Perbandingan Menteri Wanita di Kabinet Prabowo dan Jokowi
(dok.instagram/jokowi)

PASUNDAN EKSPRES - Presiden Prabowo Subiyanto telah mengumumkan jajaran menteri dalam pemerintahannya, Kabinet Merah Putih 2024-2029. Di antara lebih dari 50 menteri yang terpilih, lima diantaranya adalah wanita. 

Pertama, ada Menteri Keuangan Sri Mulyani yang telah menjadi menteri sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 2005-2010. Kemudian, ia kembali dipercaya menjadu menteri keuangan para era Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak periode pertamanya pada 2016 sampai sekarang. Sri Mulyani kembali dipercaya oleh Presiden Prabowo Subianto.

BACA JUGA:Hasil Survei Pilkada Purwakarta 2024, Bin Zein-Abang Ijo Unggul dari Petahana

Kedua, ada Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Viada Hafid dengan latar belakang sebagai seorang wartawati di stasiun televisi swasta di Indonesia. Usai berkarir di dunia jurnalistik, Viada Hafid memilih menjadi seorang politikus di partai Golkar dan menjadi Anggota DPR-RI sejak 2010 menggantikan Burhanuddin Napitupulu yang meninggal dunia.

Ketiga,  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Rini Widyantini. Sejak 1997, Rini telah bekerja di sana sebagai Analis Kebijakan Pada Asisten Deputi Urusan Pelaksanaan Kebijakan.Kariernya terus naik hingga menjabat sebagai Sekretaris KemenPANRB sejak 2022. 

BACA JUGA:Siapa Saja Menteri dan Wamen Perempuan yang Masuk Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran?

Keempat, Menteri Pariwisata Widiyanti Putri Wardhana yang merupakan putri konglomerat Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pendiri Teladan Group. Ia juga merupakan seorang pengusaha yang bergerak di bidang perkebunan dan kelapa sawit. Serta aktif dalam organisasi sosial.

Kelima,  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Arifatul Choiri Fauzi. Ia merupakan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 yang merupakan kader organisasi Islam, Nahdlatul Ulama (NU).

Sementara di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki menteri wanita terbanyak dalam sejarah karena kebiasaan pemerintahan sebelumnya rata-rata hanya ada 3-4 perempuan dalam kabinetnya.

Kesembilan menteri perempuan yang diangkat pada awal Kabinet Kerja adalah: 1. Puan Maharani (Menko PMK); 2. Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan); 3. Siti Nurbaya (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan); 4. Nila F. Moeloek (Menteri Kesehatan); 5. Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan); 6. Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri); 7. Rini Soemarno (Menteri BUMN); 8. Yohana Yembise (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak); dan 9. Khofifah Indar Parawansa (Eks Menteri Sosial). (nym)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua