News

Tim Cook Percaya Bahwa Graduate Apple Developer Academy RI Akan Mendunia

Apple Developer Academy
Tim Cook optimis bahwa lulusan Apple Developer Academy Tanah Air bakal mendunia. (Foto: Dok. Apple)

PASUNDAN EKSPRES - Sorot ceria muncul di wajah Tim Cook sesudah berdialog dengan murid dan alumni Apple Developer Academy di BSD, Tangerang Selatan, Rabu (17/4). CEO Apple ini optimistis lulusan akademi dari Indonesia bakal mendunia.

"Apa yang saya lihat adalah semangat yang sangat luar biasa, komunitas yang amat dinamis, orang-orang yang telah berkembang dan alumni yang lakukan pekerjaan sangat baik," ujar Tim Cook.

"Developer Academy ini meraih banyak orang dan saya tidak akan kaget jika di masa depan aplikasi besar keluar dari Indonesia. Anda akan lihat aplikasi yang dirancang bukan hanya untuk pasar lokal, tetapi juga untuk pasar global," yakinnya.

Tim Cook sempat diskusi karya alumni yang menurutnya beri manfaat bagi banyak orang. Namun yang membuatnya terkejut, salah satu aplikasi dibuat oleh seorang ibu yang awalnya dirancang untuk membantu buah hatinya sendiri tetapi kini bisa membantu lebih banyak anak-anak lainnya.

"Anda pernah lihat beberapa di antaranya, tetapi Anda dapat membayangkan jadi seorang ibu yang lakukan homeschooling dan merancang aplikasi untuk anak-anak. Ini sangat mengesankan. Dan kini diluncurkan untuk membantu orang lain di komunitas lain," ujar Cook.

"Jadi saya amat bangga. Anda tahu, kami di Apple pada dasarnya ciptakan produk yang sangat memperkaya kehidupan masyarakat. Dan kami berupaya, segala sesuatu yang kami lakukan bantu orang lain capai apa yang mereka inginkan capai. Dan (Apple) Developer Academy adalah sarana lain untuk itu," tambahnya.

Lisa Jackson, Vice President of Environment, Policy and Social Initiatives Apple, yang mendampingi Tim Cook sampaikan kekaguman yang sama. Lisa sempat resmikan langsung Apple Developer Academy di BSD pada 2018 lalu.

"Begitu mengagumkan. (Tak terasa) sudah enam tahun, dan ya, saya lihat beberapa murid yang sebelumnya adalah murid, dan kini mereka bekerja di industri, di perekonomian. Yang lainnya adalah pengusaha. Dan itulah janji tempat ini," kata Lisa.

"Bangga banget, bangga banget bisa menonjolkan skill yang ada di sini," tandasnya.

Berita Terkait