News

Bos Apple Ungkap Strategi Dukung Pengembang Lokal Indonesia

Apple Developer Academy
Bos Apple ungkap rahasia dukung Developer lokal. (Foto: Dok. Apple)

PASUNDAN EKPRES - Tim Cook mengungkapkan keyakinannya pada lulusan Apple Developer Academy di Indonesia dapat meraih kesuksesan global. Dia juga membagikan pendekatan Apple dalam memberikan dukungan kepada pengembang lokal di Indonesia.

Pemimpin tertinggi Apple menyampaikan bahwa upaya mereka dalam mendukung para pengembang telah dimulai sejak pengembangan bahasa pemrograman khas mereka, yaitu Swift. Hal ini bertujuan untuk membuat pemrograman lebih mudah dipahami sebagaimana produk-produk Apple yang user-friendly.

"Kami ingin memastikan bahwa coding tidak menjadi domain eksklusif orang-orang tertentu. Kami berharap semua individu dapat mengekspresikan diri melalui coding, dan Swift memainkan peran penting dalam hal tersebut," ujar Tim Cook dalam diskusi di Apple Developer Academy, BSD, Tangerang Selatan.

Meskipun Apple telah menyediakan alat pengembang seperti Core ML untuk tugas-tugas pemrograman yang kompleks, mereka menjamin bahwa pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan mendalam dalam machine learning untuk menggunakannya.

Sebagai upaya mendukung, Apple telah mendirikan Developer Academy yang telah tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia, setelah pertama kali didirikan di Brasil.

Di setiap akademi, Apple menugaskan mentor yang membimbing para pengembang, baik yang masih menjadi siswa maupun alumni, dalam pengembangan aplikasi dan membantu mengatasi berbagai tantangan dalam proses pembuatan aplikasi.

"Membawa keempat akademi ini ke Indonesia adalah langkah yang sangat positif, sehingga lebih banyak orang dapat turut serta dalam komunitas ini," tambah Cook.

Namun, inisiatif Apple tidak berhenti di situ saja. Mereka juga menugaskan staf penghubung pengembang untuk membantu memasarkan aplikasi buatan pengembang lokal ke seluruh dunia melalui App Store.

"Kami memiliki tim khusus yang membantu pengembang yang ingin menjadi wirausaha setelah lulus. Kami akan memberikan dukungan kepada mereka, bukan hanya dalam memasarkan aplikasi di pasar lokal, tetapi juga di pasar global melalui App Store," jelas Tim Cook.

Apple juga merancang App Store sedemikian rupa sehingga menjadi tempat yang dapat dipercaya oleh pelanggan untuk mendapatkan aplikasi tanpa perlu khawatir akan malware. Hal ini membuka peluang bisnis yang besar bagi para pengembang.

"Ini adalah hubungan yang sangat kokoh," tutup Tim Cook.

Berita Terkait