Sains

Fenomena Konjungsi Planet di Bulan April 2024, Ada yang Bertepatan dengan Lebaran

Fenomena Konjungsi Planet di Bulan April 2024, Ada yang Bertepatan dengan Lebaran
Fenomena Konjungsi Planet di Bulan April 2024, Ada yang Bertepatan dengan Lebaran (Image From: NASA Blogs)

PASUNDAN EKSPRES - Fenomena konjungsi planet di bulan April 2024. Konjungsi planet atau penjajaran planet merupakan peristiwa yang sangat indah, yang bisa kamu amati tanpa peralatan khusus.

Konjungsi sendiri merupakan sebuah peristiwa pertemuan dua atau lebih objek langit di semesta dilihat dari sudut pandang bumi. Jadi, ketika terjadi konjungi, beberapa objek langit akan terlihat berdekatan, tapi sebenarnya tidak. 

Nah, di bulan April ini akan terjadi sebuah fenomena yang memukau langit, yaitu konjungsi planet. Berikut beberapa fenomena konjungsi planet yang akan terjadi di bulan April 2024. Simak di bawah ini. 

Fenomena Konjungsi Planet di Bulan April 2024

Dikutip dari Star Walk, konjungsi planet adalah istilah dalam bidang astronomi yang mengacu pada situasi di mana beberapa planet berada dalam posisi yang dekat di sebelah satu sisi Matahari secara bersamaan. 

Konjungsi Planet Venus dan Neptunus

Fenomena konjungsi planet yang pertama adalah konjungsi planet Venus dan Neptunus yang akan terjadi di tanggal 4 April 2024. Fenomena ini akan menjadi fenomena pertemuan planet Venus dan Neptunus yang menghiasi langit malam.

Dikutip IDN Times, fenomena ini akan terjadi pada tanggal 3 April 2024 di Indonesia pada pukul 17.53 WIB. Tapi, dilansir In The Sky, fenomena ini akan sulit diamati karena jaraknya yang dekat dengan Matahari, yaitu 16 derajat dari Matahari. 

Hal tersebut akan mengakibatkan cahaya pasangan planet tersebut terhalangi oleh cahaya intensitas Matahari. Namun, jika beruntung, masih ada kemungkinan untuk mengamati konjungsi Venus dan Neptunus ketika langit sudah gelap di cakrawala barat.

Venus akan memiliki kecerlangan sebesar -3,9 magnitudo, sementara Neptunus memiliki kecerlangan sebesar 8,0 magnitudo. Kedua planet ini berada di rasi Pisces.

Kedua planet ini akan berdekatan sehingga dapat terlihat melalui teleskop dan juga mampu dilihat dengan teropong.

Konjungsi Planet Mars dan Bulan

Fenomena konjungsi berikutnya adalah fenomena konjungsi planet Mars dan bulan yang terjadi di tanggal 6 April 2024. Pengamat memiliki kesempatan untuk menyaksikan fenomena langit yang menakjubkan, yaitu fenomena Bulan dan Mars yang berdekatan pada dini hari atau jika di Indonesia tepat pukul 03.37 WIB.

Meskipun keduanya tidak akan terlihat sangat dekat, dengan jarak sekitar 1,6 derajat, kamu masih bisa menikmati pemandangan Bulan sabit tipis (dengan magnitudo -10 atau sangat terang) yang berdampingan dengan planet Mars yang berwarna kemerahan (dengan magnitudo 1,2 atau terang) menggunakan teropong.

Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, disarankan untuk melihat ke arah timur sebelum matahari terbit, dari lokasi dengan cakrawala yang cerah. 

Konjungsi Planet Venus dan Bulan

Fenomena Konjungsi selanjutnya adalah konjungsi planet Venus dan bulan yang kemungkinan terjadi di tanggal 7 April 2024 ketika Matahari terbit. Kamu bisa menyaksikan fenomena konjungsi Bulan dan Venus yang menakjubkan di rasi bintang Pisces. 

BACA JUGA: Tanda Kiamat Semakin Dekat Terlihat Melalui Kondisi Daun, Ini Alasannya!

BACA JUGA: Ahli Menegaskan Kabar Viral tentang Kegelapan Bumi Selama 3 Hari Mulai 8 April sebagai Hoaks

Kedua objek langit yang bercahaya ini akan bersama-sama menghiasi langit, menciptakan pemandangan yang indah. Venus, yang dikenal sebagai "bintang pagi", akan memancarkan cahaya yang terang, sementara Bulan sabit akan turut hadir. 

Konjungsi Planet Mars dan Saturnus 

Fenomena konjungsi planet yang berikutnya adalah konjungsi planet Mars dan Saturnus yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 2024 atau pada tanggal 10 April, di Indonesia sendiri bisa dilihat pada tanggal 11 April 2024 pukul 03.32 dini hari.

Dilansir Star Walk, sekitar satu jam sebelum matahari terbit, Mars (dengan magnitudo 1,2 atau terang) akan menjadi planet pertama yang terlihat. Kamu dapat mengenali planet ini dari warna merah kemerahannya.

Selanjutnya, Saturnus (dengan magnitudo 1,1 atau terang) akan muncul. Kedua planet ini akan terlihat berdekatan di rasi Aquarius. 

Kamu bisa menyaksikan fenomena ini dengan mata telanjang, tapi jika kamu ingin mendapatkan pemandangan yang lebih jelas, kamu bisa dibantu dengan teleskop. 

Nah, itulah mengenai fenomena konjungsi planet yang akan terjadi di bulan April 2024 ini.

Tetap perhatikan, mengamati fenomena astronomi tidak cukup mengandalkan teleskop. Kamu harus mengetahui beberapa hal seperti polusi cahaya, memastikan langit cerah, dan tempat untuk mengamati. 

Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

Berita Terkait