Daerah

PPDB SLB Negeri Subang Telah Dibuka

SLB Negeri Subang
Siswa SLB Negeri Subang menunjukkan kreativitasnya. Sekolah ini mulai menerima siswa baru.(Muhammad Faishal/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024-2025 SLB Negeri Subang telah dibuka. SLB Negeri Subang terletak di Karanganyar, Kecamatan Subang, tepatnya di belakang Kantor Kelurahan Karanganyar. 

Dalam SLB Negeri Subang ini terdapat tiga jenjang satuan pendidikan, antara lain SDLB, SMPLB, dan SMALB. 

Sekolah ini menerima peserta didik Tunanetra (A), Tunarungu (B), Tunagrahita (C), Tunadaksa (D), dan Autis (Q). 

Adapun program unggulannya seperti kesenian, tata boga, tata busana, tata kecantikan, laundry, dan program magang. 

Plt Kepala SLB Negeri Subang Lela Latifah SPd MMPd mengatakan, lewat program unggulan tersebut siswa-siswa SLB Negeri Subang bahkan dinyatakan kompeten di bidangnya, salah satunya adalah bidang tata boga. 

"Bulan kemarin dua siswa kita mengikuti tes kompetensi untuk kemampuan vokasi tata boga bidang keterampilan membuat cake susu dan pempek, serta anak-anak dinyatakan kompeten. Jadi ketika anak-anak bekerja di tempat tertentu atau membuat usaha itu sudah diakui," ucapnya. 

Tidak sampai di sana, anak-anak didiknya bahkan dapat menciptakan inovasi dalam bidang tata boga yang patut dibanggakan. 

"Kami juga sebagai warga Subang membuat inovasi yaitu Pempek Sambal Nanas, dan itu patut dibanggakan oleh masyarakat Subang," ucapnya. 

Melihat potensi tersebut, SLB Negeri Subang pun membuat toko kue untuk para peserta didiknya dan diresmikan langsung oleh Pj Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd. 

"Kita meresmikan toko kue yang dirintis di SLB Negeri Subang sebagai wadah atau kelanjutan dari vokasi tata boga yang kita kembangkan," ucapnya. 

Selain itu, ia mengatakan anak didiknya masuk nominasi 10 Besar dalam seleksi LKS Disabilitas Tingkat Provinsi Jawa Barat dengan mata lomba Kreasi Barang Bekas. 

"Kami juga masuk ketingkat provinsi untuk pemanfaatan barang bekas miniatur bonsai dari batang teh dan serbuk kayu," ucapnya. 

Dalam bidang olahraga para peserta didik dari SLB Negeri Subang juga cukup berprestasi. Salah satunya adalah raihan Medali Emas pada Cabang Olahraga Lari 100 meter, serta Medali Perak Cabang Olahraga Lari 200 meter dalam kejuaraan Pekan Paralimpik Pelajar Daerah tingkat Jawa Barat (Peparpeda III Jabar). 

Para peserta didik juga terlihat lihai dalam beberapa kesenian seperti Tari Jaipong, Sisingaan, Gamelan, Pantomim, dan lain sebagainya. 

Sekolah ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti ruang kelas, lapangan yang cukup luas, taman bermain, toilet, dan lain-lain.

SLB Negeri Subang memiliki Visi, yaitu 'Terdidik, Terlatih, Mandiri, Sehat Lahir Batin Berlandaskan Iman dan Taqwa.'(fsh/ysp)

Berita Terkait